Peneliti Berhasil Buat Air Kencing Jadi Bir, Kamu Mau Coba?

Dengan kekuatan matahari!

Setelah minum dalam jumlah banyak, pasti rasa ingin kencing muncul. Nah, yang kita tahu adalah urin atau air kencing merupakan hasil akhir dari sistem tubuh. Namun, apa jadinya ketika urin kita bisa dibuat jadi minuman lain, contohnya bir?

Kamu gak percaya? Tenang, para peneliti telah temukan caranya untuk mengubah urin menjadi minuman! Ya, peneliti bisa membuat urin menghilangkan rasa haus kita!

"Dari selokan ke penyulingan bir".

Peneliti Berhasil Buat Air Kencing Jadi Bir, Kamu Mau Coba?scoopwhoop.com

Para peneliti dari Universitas Ghent di Ghent, Belgia, dikutip dari Daily Mail, telah membuat mesin yang dapat mengonversi urin jadi air biasa. Ya, air putih biasa yang dapat diminum. Dr Sebastiaan Derese, salah satu anggota tim yang membentuk mesin tersebut, mengatakan sistem baru ini juga sangat hemat energi. Mereka memanfaatkan energi matahari, maka di daerah yang tidak tersedia listrik pun bisa memakai alat ini.

Derese mengatakan timnya ingin membuat inovasi, karena selama ini orang-orang hanya menyaring air kotor jadi bersih. Menurutnya juga, mesin ini akan sangat bermanfaat untuk negara-negara berkembang. Timnya telah menemukan cara untuk melakukan fertilisasi dan mengubahnya jadi air putih.

Selain itu, dari air putih, orang-orang dapat menyulingnya jadi bir. Derese pun menyebut alat tersebut sebagai from sewer to brewer atau dari selokan ke penyulingan bir. Cara kerjanya pun menurut Derese sangatlah sederhana.

Proses fertilisasi harus dalam jumlah besar.

Peneliti Berhasil Buat Air Kencing Jadi Bir, Kamu Mau Coba?scoopwhoop.com

Para peneliti mengatakan kalau proses fertilisasi mereka harus berlangsung dalam jumlah besar. Jadi mereka langsung mengumpulkan urin dalam tangki besar. Sebelumnya, tangki tersebut telah dipasang dengan alat yang dibuat. Setelah itu, urin akan 'dimasak' dengan sinar matahari. Jadi istilahnya, urin tersebut direbus dari energi panas.

Baca Juga: Saatnya Waspada, Ini Dia Arti dari Warna Air Senimu tentang Kesehatanmu!

Bagaimana bisa jadi air putih? Derese mengatakan kalau saat proses perebusan, air, potassium, nitrogen dan phosphorous. Keempat zat tersebut adalah yang ada dalam kandungan air kencing. Kemudian, akan disaring lagi untuk menghasilkan air putih yang dipastikan bersih.

Mesin tersebut diproyeksikan bisa ditaruh di berbagai lokasi.

Peneliti Berhasil Buat Air Kencing Jadi Bir, Kamu Mau Coba?dailymail.co.uk

Derese menambahkan kalau zat-zat selain air yang terpisah akan dapat digunakan sebagai tambahan dalam proses penyulingan. Kemudian, alat tersebut akan ditemparkan di berbagai lokasi kegiatan masyarakat. Lokasi-lokasi tersebut antara lain lokasi olahraga bahkan bandara. Derese pada akhirnya juga berharap temuannya dapat mengatasi masalah kekurangan air.

Alat ini telah diluncurkan diluncurkan pada festival musik dan teater di Ghent Tengah. Dalam acara tersebut, mesin akan diperkenalkan dengan slogan #peeforscience atau #urinuntukpenelitian. Di lokasi tersebut, para peneliti berhasil menghasilkan 1.000 liter air bersih dari urin para pengunjung.

Nah, jika ada di Indonesia, bersediakah kamu memberikan urin dan menerima air bersih dari hasil penyulingan?

Baca Juga: Gak Nyangka Kan Kalau Susu Kecoa Ternyata Baik untuk Kesehatan?

Topik:

Berita Terkini Lainnya