Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden AS

Tak hanya sekedar popularitas semata

Meskipun pemilihan presiden Amerika Serikat masih akan berlangsung pada 8 November 2016, namun gaung pemilihan presiden tersebut mulai memasuki babak yang menegangkan. Calon kandidat saling bersaing untuk bisa mendapatkan simpati. Perlu diketahui, pemilihan Presiden Amerika Serikat tidak terpilih berdasarkan popular vote seperti pada Pemilihan Presiden di Indonesia. Presiden Amerika Serikat terpilih berdasarkan mayoritas penguasaan electoral college. 

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: apakabardunia.com

Apa itu sistem electoral college? sebuah sistem yang menjadi penentu akhir presiden berikutnya. Dalam sistem ini, presiden terpilih tidak diangkat berdasarkan pilihan rakyat lewat pemungutan suara di TPS, tetapi oleh electoral votes (suara pemilu) yang tersebar di 51 negara bagian.

Setiap negara bagian memiliki jatah electoral votes yang berbeda. Jatah ini ditentukan oleh banyaknya alokasi kursi Senat dan DPR yang dimiliki tiap-tiap negara bagian. Alokasi kursi Senat dan DPR sendiri bisa berubah berdasarkan populasi penduduk yang ditetapkan oleh sensus sepuluh tahunan.

Ada 17 kandidat calon presiden dari repulicans dan 5 kandidat dari democrats. 

Republicans:

Jeb Bush, Ben Carson, Hrish Christie, Ted Cruz, Carly Fiorina, Jim Gilmore, Lindsey Graham, Mike Huckabee, Bobby Jindal, John Kasich, Geroge Pataki, Rand Paul, Rick Perry, Marco Rubio, Rick Santorum, Donald. J. Trump, dan Scoot Walker

Democrats: 

Lincoln Chafee, Hillary Rodham Clinton, Martin O'Malley, Bernie Sanders dan Jim Webb,

Untuk saat ini terdapat tiga kandidat yang terunggul.

1. Donald John Trump

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: abcnews.com

Inillah calon kandidat terunggul versi CNN yang paling kontroversi. Gaya hidup yang mewah dan cara berbicara yang blak-blakan membuat Trump dikenal sebagai kandidat yang hanya bisa marah namun tidak punya visi misi.

Lahir di New York City, New York, 14 Juni 1946. Trump adalah seorang wirausahawan, pionir program pertelevisian dan pebisnis yang sukses dari Amerika Serikat. Dia adalah ketua dan presiden The Trump Organizationdan pendiri Trump Entertainment Resorts.

2. John Ellis "Jeb" Bush

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: floridash.com

Jeb Bush merupakan seorang anggota Partai Republik dan Gubernur Florida yang ke-43 saat ini. Adik dari Presiden Amerika Serikat George W. Bush. Ia adalah anak kedua mantan Presiden George H. W. Bush dan Barbara Bush.

3. Hilarry Clinton

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: diginomica.com

Hillary Diane Rodham Clinton adalah Sekretaris Negara Amerika ke-67 dalam pemerintahan Presiden Barack Obama. Dia menjadi rekan wanita pertama di Rose Law Firm pada tahun 1979. Setelah Clinton menjadi Gubernur Arkansas, Hillary menjadi First Lady of Arkansas pada Januari 1979 hingga selama dua belas tahun (1979-1981 dan 1983-1992). Hingga akhirnya pada tahun 1993, Hillary benar-benar menjadi First Lady setelah Clinton terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. 

Ok, sekarang IDNtimes bakal kasih tahu alasan kenapa anak muda Indonesia perlu tahu kandidat calon presiden AS

Sebagai negara adidaya, pengaruh AS sangat signifikan bagi dunia.

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: bisnis.liputan6.com

Pengaruh AS yang paling terasa bagi dunia adalah dalam masalah krisis ekonomi. Kita bisa lihat, bagaimana nilai dolar yang sangat kuat di dunia. Seperti pada saat ini, nilai mata uang rupiah yang anjlok terhadap dolar.

Presiden terpilih bakal jadi orang yang bisa mempengaruhi ekonomi AS dan ekonomi dunia lewat kebijakannya.

Kebijakan domestik atau luar negeri AS tentu akan banyak mempengaruhi negara-negara lain, termasuk negara-negara Asia Tenggara. 

Amerika adalah mitra perdagangan terbesar kelima setelah Kanada, Meksiko, Tiongkok dan Uni Eropa. Saat ini kekuatan Tiongkok sangat kuat di berbagai bidang, karena AS memprediksikan Tiongkok dapat menjadi negara yang paling berpengaruh setelah AS dalam 20 tahun kedepan. Pasar ekspor AS ke Indonesia, yang saat ini dibanjiri produk China. Hal ini tentu mendorong AS untuk lebih meningkatkan potensi perdagannya melalui kegiatan ekspor. 

Sistem Pemilihan yang Unik 

Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden ASSumber Gambar: subroto1950.wordpress.com

Inilah perbandingan besar anatara Amerika dan Indonesia. Sistem pemilihan di AS sudah canggih dengan cara e-votting. Sedangkan di Indonesia, masih menggunakan cara manual untuk penghitungan suara. 

Sungguh perbedaan yang siginifikan bukan dengan calon kandidat dan pemilu di Indonesia?

Topik:

Berita Terkini Lainnya