Sebuah Kuil Berusia 1.000 Tahun di Tibet Mengalami Kebakaran Hebat

Untungnya tidak ada korban jiwa atas insiden ini

Lhasa, IDN Times - Insiden kebakaran rumah ibadah kali ini terjadi di wilayah Tibet, Tiongkok. Kejadian kebakaran tersebut menimpa sebuah kuil yang diduga sudah berusia 1.000 tahun ini belum lama ini. Untungnya, insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa saat itu padahal kuil ini merupakan salah satu kuil penting yang ada di Tibet. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kebakaran terjadi pada malam waktu setempat

Sebuah Kuil Berusia 1.000 Tahun di Tibet Mengalami Kebakaran Hebattheguardian.com

Dilansir dari Theguardian.com, sebuah kuil yang berada di kota Lhasa, Tibet ini mengalami kebakaran hebat yang terjadi pada Sabtu, 17 Februari 2018, malam waktu setempat. Padahal sebelumnya warga Tibet telah mengadakan perayaan Losar, tahun baru bagi masyarakat Tibet. Untungnya, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa pada saat itu dan kabarnya tidak ada kerusakan pada benda-benda penting di dalam kuil tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab kebakaran besar ini. Padahal, kuil yang satu ini sudah berusia 1.000 tahun dan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Beruntung, pemadamm kebakaran setempat berhasil memadamkan api yang terus membakar kuil itu.

2. Tiongkok seolah-olah menutupi kabar dari Tibet

Sebuah Kuil Berusia 1.000 Tahun di Tibet Mengalami Kebakaran Hebatcuriousmatic.com

Sebelum kejadian ini terungkap, otoritas pemerintah Tiongkok seolah-olah menutupi kabar peristiwa ini dengan mengontrol ketat pengambilan gambar keadaan yang sebenarnya terjadi di sana. Tak heran, isu Tibet sendiri merupakan isu yang paling sensitif di Tiongkok sehingga sangat ketat dalam memberikan kabar dari Tibet.

Hubungan antara Tiongkok dengan Tibet sendiri memang sudah lama panas bahkan seringkali penduduk Tibet melakukan demonstrasi besar-besaran untuk memisahkan diri dari Tiongkok. Maka dari itu, pemerintah Tiongkok sendiri pun masih menganggap Tibet merupakan salah satu wilayahnya.

3. Perlakuan Tiongkok terhadap Tibet menuai kecaman

Sebuah Kuil Berusia 1.000 Tahun di Tibet Mengalami Kebakaran Hebatnews.sky.com

Sikap pemerintahan Tiongkok terhadap Tibet juga menuai kecaman keras dari berbagai pihak, terutama Kelompok Pembela Hak Asasi Manusia. Mereka menilai Tiongkok telah mengekang kebebasan berpolitik dan beragama, bahkan pemimpin Tibet, Dalai Lama, pun dianggap sebagai tokoh yang diawasi di Tiongkok.

Kelompok Pembela Hak Asasi Manusia juga menuding Tiongkok telah melakukan berbagai pelanggaran HAM selama ini. Meski sering terjadi demonstran besar-besaran dilakukan oleh warga Tibet, pemerintah Tiongkok pun seakan-akan tak memperdulikan nasib mereka.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya