Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Pejabat di Jepang Ini Mengundurkan Diri

Meski mundur, ia akan tetap berjuang melawan tuduhan yang mencemarkan nama baiknya ini

Tokyo, IDN Times - Seorang pejabat tinggi Jepang di Kementerian Keuangan, Junichi Fukuda, resmi mengumumkan pengunduran dirinya setelah dirinya dituduh telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang jurnalis wanita. Meski demikian, ia akan terus berjuang melawan tuduhan tersebut yang telah mencemarkan nama baiknya. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ia adalah seorang pegawai negeri dengan tingkat tertinggi

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Pejabat di Jepang Ini Mengundurkan Diri  Twitter.com/ommzk

Dilansir dari New York Times, pegawai negeri dengan berpangkat tertinggi di Kementerian Keuangan Jepang mengajukan pengunduran dirinya pada hari Rabu di tengah tuduhan yang dialamatkan kepadanya bahwa dia telah melakukan pelecehan secara seksual beberapa wartawan wanita. Pada konferensi pers, Junichi Fukuda, wakil menteri administrasi, mengatakan tuduhan bahwa dia telah membuat pernyataan sugestif seksual kepada para wanita itu tidak benar.

Namun, pengunduran diri Fukuda, yang diterima oleh Taro Aso, Menteri Keuangan Jepang, adalah tanda kecil bahwa Jepang mungkin akan bergabung dengan perhitungan internasional gerakan #MeToo, dipicu oleh tuduhan pelecehan yang semakin meluas. Dua hari sebelumnya, Fukuda mengancam akan menuntut majalah Shukan Shincho, yang awalnya melaporkan tuduhan itu. Pada hari Rabu, dia juga bersumpah akan membantah segala tuduhan di pengadilan.

Fukuda akhirnya mundur pada hari yang sama ketika Gubernur Niigata, Ryuichi Yoneyama, mengatakan dia akan mengundurkan diri atas apa yang disebutnya sebagai "masalah perempuan". Majalah mingguan Shukan Bunshun dijadwalkan untuk melaporkan pada hari Kamis bahwa Yoneyama telah membayar banyak wanita yang ia temui melalui situs kencan online.

2. Pengunduran diri ini terjadi saat Perdana Menteri Jepang berada di Amerika Serikat

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Pejabat di Jepang Ini Mengundurkan Diri  twitter.com/AbeShinzo

Pengunduran diri kedua pejabat itu terjadi ketika Perdana Menteri, Shinzo Abe, berada di Palm Beach, Florida, bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Pengunduran diri Fukuda harus dikonfirmasikan oleh seluruh kabinet, termasuk Shinzo Abe. Fukuda mengatakan dia telah memutuskan untuk mengundurkan diri karena kondisi Kementerian Keuangan terkini sedang mengalami masa yang sulit, dan tampaknya merujuk pada skandal yang melibatkan kebocoran dokumen yang dirusak terkait dengan kesepakatan tanah yang mungkin terkait dengan Shinzo Abe.

"Saya pikir itu akan sulit untuk memenuhi tugas saya. Saya minta maaf kepada semua orang yang telah menyebabkan masalah," ungkap Fukuda seperti yang dikutip dari New York Times. Dalam tuduhan yang dilaporkan oleh majalah Shincho tentang Fukuda, beberapa wartawan yang tidak disebutkan namanya mengatakan dia telah berulang kali membuat pernyataan sugestif secara seksual dalam pertemuan dan di bar. Majalah ini juga memposting video online dengan klip yang diambil dari rekaman audio yang dikatakan Fukuda memberitahu seorang wanita.

3. Fukuda menjadi pegawai negeri tingkat pertama di Kementerian Keuangan yang mengundurkan diri sejak terakhir kali tahun 1998

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Pejabat di Jepang Ini Mengundurkan Diri  Twitter.com/Puijinta

Fukuda akan menjadi pegawai negeri tingkat pertama di Kementerian Keuangan yang mengundurkan diri sejak terakhir kali pada tahun 1998, ketika pejabat yang memegang jabatan yang sama berhenti, bersama dengan menteri keuangan dan kepala Bank Jepang, untuk bertanggung jawab atas skandal korupsi. Di Jepang, diskusi publik tentang pelecehan seksual dan penyerangan dihindari dan pengunduran diri semacam itu jarang terjadi.

Tapi tahun ini, Presiden NH Foods mengundurkan diri setelah seorang eksekutif junior yang bepergian dengannya menanyakan seorang pramugari secara seksual pertanyaan eksplisit di ruang tunggu bandara. Dan tahun lalu, Yuki Kishi, mantan direktur kreatif eksekutif Dentsu, biro iklan terbesar Jepang, mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya setelah seorang wanita menuduhnya melecehkan dirinya ketika mereka bekerja di Dentsu.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya