Bom PD II Kembali Ditemukan Di Berlin, Warga Dievakuasi Massal

Penemuan bom ini merupakan yang kesekian kalinya di Jerman

Berlin, IDN Times - Sebuah bom bekas Perang Dunia II yang diduga masih aktif ditemukan di Berlin belum lama ini. Akibatnya, pemerintah kota Berlin menetapkan evakuasi massal demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan terhadap warganya. Bagaimana awal ceritanya?

1. Bom ditemukan oleh salah seorang pekerja konstruksi

Bom PD II Kembali Ditemukan Di Berlin, Warga Dievakuasi Massaltwitter.com/YahooActuFR

Dilansir dari BBC, sebuah bom ditemukan oleh salah seorang pekerja konstruksi di dekat stasiun kereta api pusat kota Berlin. Tentu kejadian penemuan bom ini menggegerkan warga sekitar lokasi bahkan satu kota Berlin. Pada akhirnya, pemerintah kota Berlin menetapkan evakuasi massal untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Polisi telah melakukan evakuasi di bangunan-bangunan yang berada dalam jarak 900 meter dari kejadian. Selama evakuasi, transportasi umum seperti bus dan kereta api terganggu. Namun, operator kereta api Stasiun Tegel Berlin mengatakan jadwal hari Jumat akan berlangsung seperti biasa.

Zona-zona yang berada di sekitar dekatnya lokasi kejadian ini antara lain Kantor Kementerian, rumah sakit, dan stasiun kereta api pusat kota. Ribuan bom yang tidak meledak dari perang 1939 hingga 1945 ditemukan setiap tahun. Polisi mengatakan tidak ada bahaya langsung dari bom Inggris seberat 500 kg yang telah ditemukan ini.

2. Sudah seringkali bom yang masih aktif telah ditemukan di Jerman

Bom PD II Kembali Ditemukan Di Berlin, Warga Dievakuasi Massaltwitter.com/bzberlin

Lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya perang, bom-bom yang tidak meledak secara teratur ditemukan, sebuah warisan mematikan dari peristiwa pemboman Sekutu yang intens terhadap Nazi Jerman. Sekitar 3.000 orang diyakini masih terkubur di Berlin, sebuah kota berpenduduk tiga juta orang, di mana regu penjinak bom dipraktekkan dengan baik dalam menjinakkan mereka dan persenjataan lainnya. Tidak jelas berapa lama regu pembuangan bom akan mengambil untuk menonaktifkan bom yang ditemukan selama pekerjaan konstruksi di Heidestrasse di distrik Mitte.

"Itu tergantung pada berapa lama evakuasi mengambil dan tentu saja kondisi bom," kata juru bicara polisi, Martin Halweg, yang dikutip dari Sbs.com.au. Polisi, yang mengeluarkan peringatan pada saat itu juga dan telah meminta warga untuk tinggal dengan keluarga atau teman-teman atau menuju ke salah satu dari dua tempat penampungan darurat yang didirikan di sekolah terdekat. Mereka mengatakan bom itu aman untuk saat ini, meyakinkan penduduk di dekatnya bahwa tidak ada bahaya di tempat sekitarnya.

3. Deretan peristiwa penemuan bom yang pernah terjadi di Jerman

Bom PD II Kembali Ditemukan Di Berlin, Warga Dievakuasi Massaltwitter.com/STcom

Inilah peristiwa-peristiwa penemuan bom bekas Perang Dunia II yang pernah terjadi di Jerman:

  • Mei 2017: 50.000 orang dievakuasi dari Hannover sementara tiga bom buatan Inggris dijinakkan.
  • Desember 2016: Lebih dari 50.000 dievakuasi di Augsburg lebih dari 1,8 ton bahan peledak Inggris.
  • Mei 2015: 20.000 orang di Cologne terpaksa meninggalkan rumah mereka setelah bom satu ton ditemukan.
  • Januari 2012: Seorang pekerja konstruksi tewas ketika penggali nya menabrak bom yang tidak meledak di Euskirchen.
  • Desember 2011: 45.000 orang dievakuasi dari Koblenz, setengah jumlah penduduk setelah dua bom ditemukan di dasar sungai Rhine.
  • Juni 2010: Tiga anggota regu penjinak bom tewas di Göttingen selama operasi untuk meredakan bom yang ditemukan di situs bangunan.
Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya