7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritage

Cantiknya bukan main!

Banyak tempat yang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage sebagai lokasi wisata favorit. Berbagai pertimbangan ditetapkan untuk dapat menyeleksi tempat-tempat yang memang dianggap pantas dikunjungi oleh publik secara internasional. The World Heritage Committee mengadakan sesi pertemuan ke-40 pada tahun lalu untuk menetapkan beberapa tempat yang akan dimasukkan ke dalam daftar, dan baru-baru ini penambahan tersebut diumumkan secara resmi. Berikut adalah tujuh di antaranya...

1. Naval Dockyard di Pulau Antigua, Inggris.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritageyoutube.com

Dockyard para angkatan laut kerajaan Inggris ini telah sepenuhnya direnovasi sehingga mampu menjadi situs wisata arkeologi dan hiking. Perkembangan yang pesat di Dockyard ini pada abad ke-18 hingga ke-19 membuatnya menjadi daerah bisnis maritim yang menjanjikan, namun tetap meninggalkan nilai-nilai sejarahnya.

2. Gua di Rock of Gibraltar.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritageeurotravelogue.com

St.Michael yang merupakan nama dari gua yang berada di Rock of Gibraltar dipercaya sebagai gua yang tidak memiliki dasar. Panjang dari gua St.Michael ini diperkirakan 24 kilometer, menghubungkannya dengan Benua Afrika melalui perjalanan bawah tanah. Saat ini gua St.Michael memiliki Katedral bawah tanah yang sering digunakan untuk konser, balet dan drama sehingga turis bisa dengan leluasa mengunjunginya.

3. Arsitektur karya Le Corbusier di Argentina, Prancis, Jepang dan negara lainnya.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritagearchidialog.com

UNESCO menyampaikan bahwa seluruh karya Le Corbusier terutama yang berada di 17 situs berbeda, pantas dimasukkan ke dalam World Heritage. Hal tersebut mereka lakukan karena mereka menilai bahwa karyanya tidak hanya memiliki kontribusi luar biasa pada gerakan modern tapi juga mengandung unsur kolaborasi dengan gaya dan pesan dari masa lalu.

Baca Juga: 10 Destinasi Asia Pasifik Terfavorit Wisatawan Indonesia 2016

4. Khangchendzonga National Park yang di India Utara.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritagedooarsecoviillege.wordpress.com

Gunung Khangchendzonga menghiasi taman ini, dengan puncak tertinggi ketiga di dunia. Taman nasional ini dimasukkan dalam World Heritage tidak hanya karena beragamnya lembah, danau, gunung, gletser dan hutan kuno, tapi juga karena memiliki legenda mitologi yang kental.

5. Mistaken Point di Kanada.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritagelifeiscalling.discovery.ca

Situs fosil di Kanada ini terletak di sebelah selatan Pulau Newfoundland. Dalam situs ini tergambar organisme biologis kompleks, daerah aliran sungai dalam sejarah kehidupan bumi dan evolusi organisme mikro setelah hampir tiga miliar tahun. Kesemuanya itu ditunjukkan dalam bentuk kumpulan fosil besar tertua.

6. Ahwar di Irak Selatan.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritagetwitter.com

Lokasi ini terdiri dari empat rawa lahan basah dan tiga situs arkeologi. Daerah yang berumur cukup lama ini, yaitu mulai pada abad 3 dan 4 sebelum masehi sebagai sisa Kota Sumeria, memiliki sistem pendalaman delta yang terbesar di dunia sekaligus menjadi tempat perlindungan keanekaragaman hayati.

7. Situs Arkeologi Philippi di Yunani.

7 Situs Unik Dunia Ini Menjadi Anggota Baru UNESCO World Heritageen.wikipedia.org

Sebuah situs yang dulunya merupakan kota di sebelah Timur dari Macedonia ini, menyimpan banyak artifak sejarah. Philippi didirikan pada tahun 356 sebelum masehi dan menjadi terbengkalai sejak abad ke-14. Situs ini berhubungan erat dengan penghancuran Basilika A dan B yang sering kita dengar pada pelajaran sejarah seputar Perang Dunia.

Itulah lokasi-lokasi baru yang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage. Semoga situs-situs dari Indonesia banyak yang layak sehingga masuk dalam daftarnya UNESCO ya!

Baca Juga: 12 Negara Paling Murah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya