Kalahkan Amerika, Asia Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Dunia

Dalam setahun, ratusan miliarder baru lahir di Asia

Asia baru saja dinobatkan sebagai wilayah paling subur bagi para miliarder dunia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh perusahaan riset kekayaan Wealth-X, Asia telah melahirkan banyak orang kaya baru hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Bahkan, persentase kenaikan jumlah populasi miliarder Asia melebihi Amerika Utara.

1. Terjadi pergeseran tren kekayaan kawasan

Kalahkan Amerika, Asia Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Duniaen.wikipedia.org

Hasil sensus tahunan yang dimuat dalam Wealth-X Billionaire Census 2018 (15/5/2018) menunjukkan adanya lonjakan populasi miliarder Asia sebesar 29,2% atau bertambah menjadi 784 orang. Ini pertama kalinya Asia melampaui Amerika Utara yang telah lama dikenal sebagai wilayah penghasil orang-orang berduit.

Meskipun secara jumlah, Amerika Utara masih unggul, tetapi lonjakan hampir 30% tersebut menandakan adanya pergeseran tren kekayaan kawasan yang semula didominasi oleh negara-negara barat. Saat ini, Asia menyumbang 28,5% dari total 2754 miliarder di dunia, melansir Consumen News and Business Channel.

2. Perputaran uang di Asia sangat besar

Kalahkan Amerika, Asia Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Duniaaspire.sharesinv.com

Laju kenaikan jumlah populasi dan kekayaan para miliarder Asia seakan tidak terbendung. Dalam hasil sensus edisi kelima itu disebutkan bahwa total kekayaan para miliarder Asia sebesar $ 2440 miliar. Angka tersebut berdasarkan pada database yang dihimpun oleh Wealth-X selama tahun 2017. Hal ini menandakan bahwa perputaran uang di Asia begitu besar sehingga berdampak pada bertambahnya kekayaan para miliarder dan lahirnya orang-orang kaya baru.

3. Tiongkok jadi negara penghasil orang berduit terbanyak

Kalahkan Amerika, Asia Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Duniashine.cn

Banyak orang Tiongkok yang berkantong tebal. Jumlah kekayaan mereka membengkak sebesar 61% menjadi $ 1,1 triliun. Maka tak heran, jika Tiongkok menjadi titik pusat para miliarder Asia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Beberapa tahun terakhir Tiongkok sedang asik memoles industri manufakturnya. Miliaran dolar mengalir deras ke negara tirai bambu melalui sektor ini. Tetapi tidak hanya manufaktur saja, banyak sektor lain yang juga sedang berkembang pesat di sana.

Mengutip Forbes, pasar saham ikut ambil bagian dalam kemajuan perekonomian Tiongkok. Banyak perusahaan besar yang melantai di bursa saham untuk memperkuat sisi permodalan mereka dan membuka akses bagi penduduk Tiongkok untuk meramaikan perdagangan di pasar saham. Selain itu, investasi real estate dan belanja infrastruktur pemerintah juga turut mendorong laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok, sehingga semakin terbuka lebar peluang bagi seluruh rakyat Tiongkok untuk mengais pundi-pundi uang.

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya