4 Wilayah Sengketa Ini Bisa Picu Perang Kapanpun

Semoga bukan perang pilihannya

Sengketa wilayah antara dua negara sudah menjadi hal biasa. Sengketa seperti ini biasanya diselesaikan secara diplomatik melalui perundingan bilateral atau melalui Mahkamah Internasional. Tapi tidak semua sengketa antar negara bisa diselesaikan dengan perundingan ataupun melibatkan Mahkamah Internasional.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh pakar militer ternama, Carl Philipp Gottfried von Clausewitz,

Perang merupakan sarana lain dalam diplomasi 

Beberapa sengketa ini bahkan sudah muncul sejak berakhirnya perang dunia kedua. Nyatanya, beberapa di antaranya hingga saat ini belum ada solusi yang efektif. Oleh karena itu, wilayah-wilayah ini diperkirakan dapat menjadi pemicu perang dalam sekala yang luas. Berikut 4 di antaranya.

1. Arunachal Pradesh

4 Wilayah Sengketa Ini Bisa Picu Perang Kapanpunclassifiedwale.com

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa wilayah ini juga jadi bahan sengketa. Arunachal Pradesh merupakan dataran tinggi yang disengketakan antara India dan Tiongkok. Terdapat kesepakatan antara New Delhi dan Beijing untuk melarang pejabat tinggi dari kedua negara maupun asing untuk memasuki wilayah sengketa ini.

Perang dapat saja terjadi antara kedua negara, terutama dalam menentukan siapa yang lebih mendominasi kawasan di Asia. Beberapa langkah provokatif dilakukan oleh India untuk memperkuat klaimnya atas wilayah ini. Salah satunya dengan mengundang Dalai Lama untuk melakukan kunjungan religius di wilayah sengketa tersebut.

2. Laut Cina Selatan

4 Wilayah Sengketa Ini Bisa Picu Perang Kapanpunnation.com

Wilayah laut yang kaya dengan sumber daya alam ini menjadi sengketa negara-negara ASEAN dengan Tiongkok. Beberapa langkah provokatif dilancarkan Tiongkok dengan membuat pulau buatan di kawasan yang disengketakan tersebut. Mereka berdalih wilayah tersebut sebagai wilayah tradisionalnya.

Bila terjadi konflik, Tiongkok tidak hanya harus menghadapi negara-negara ASEAN seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Indonesia, tapi juga Amerika Serikat. Sebab, Filipina merupakan sekutu non-anggota NATO. Selain itu juga terdapat pangkalan militer Amerika Serikat di Filipina.

3. Kompleks Al Aqsa

4 Wilayah Sengketa Ini Bisa Picu Perang Kapanpunhaaretz.com/

Al Haram Al Sharif atau dikenal sebagai Kompleks Masjid Alaqsa merupakan tempat suci bagi tiga agama sekaligus yaitu Islam, Nasrani, dan Yahudi. Area ini pun menjadi sengketa antara Israel dengan Palestina. Israel kerap melarang umat Islam beribadah di sana. 

Perebutan wilayah ini juga bagian dari konflik antara keduanya sejak tahun 1940an. Konflik ini dimulai sejak pembubaran British Mandatory Palestine (Pemerintahan Jajahan Inggris untuk Palestina) dan pembagian tanah antara Israel dengan Palestina.

Utusan PBB untuk Timur Tengah meyakini bahwa konflik dan ketegangan apapun yang sifatnya lokal di tanah suci dapat meluas hingga penjuru dunia terutama Dunia Islam. Terutama dengan kehadiran Amerika Serikat yang  dapat menyeret Russia dan Iran ke dalamnya.

4. Semenanjung Korea

4 Wilayah Sengketa Ini Bisa Picu Perang Kapanpunpresstv.ir

Semenanjung Korea menjadi salah satu wilayah yang rawan konflik. Terutama provokasi yang terus dilakukan Korea Utara terhadap Amerika Serikat dan Sekutunya. Korea Utara diberitakan terus melakukan pengembangan nuklir dan rudal jarak jauhnya (Intercontinental Ballistic Missiles) hingga mencapai kota-kota utama di Pantai Barat Amerika Serikat.

Perang dapat kapan saja terjadi bila dinginkan oleh Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Karena segala keputusan dan kebijakan sepenuhnya dimiliki Pemimpin Tertinggi, keputusan untuk perang dapat mudah diambil oleh Korea Utara tanpa melewati izin dari Parlemen seperti di negara-negara demokratis.

Akbar Anshari Photo Writer Akbar Anshari

Genggam Dunia dengan Ilmu, Follow me on Instagram @ansharihardi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya