Kebakaran California Belum Reda, Ratusan Ribu Orang Mengungsi

Kebakarannya malah menyebar cepat...

California, IDN Times - Kebakaran hutan di selatan California telah menghanguskan ratusan bangunan dan memaksa 190.000 orang untuk mengungsi.

Presiden Donald Trump menyetujui permintaan California untuk memberlakukan status darurat di seluruh wilayah negara bagian tersebut pada hari Jumat (8/12/2017) kemarin.

Hal tersebut bertujuan agar bantuan dari pemerintah federal seperti pesawat terbang, helikopter dan peralatan pemadam kebakaran bisa tiba lebih cepat.

Berdasarkan laporan, "Thomas Fire" telah meluas hingga 466 km persegi, menghanguskan 439 bangunan dan 115 hektar lahan sejak terjadi pada hari Senin (4/12/2017) lalu dengan dampak terparah di wilayah Ventura Country.

Angin yang berhembus dari gurun di bagian timur menjadi penyebab utama kebakaran meluas dengan cepat. Membuat petugas pemadam kebakaran di seluruh wilayah California Selatan harus bekerja secara menyebar.

Jika keadaan belum menunjukkan tanda-tanda mereda, bencana tersebut diperkirakan akan tetap berlangsung hingga hari Natal. Kabut asap juga telah memaksa ratusan sekolah di wilayah tersebut untuk tutup sementara waktu.

Pola angin yang tidak menentu menjadi penyebab bahaya kebakaran semakin meningkat, kata petugas informasi publik pemadam kebakaran Ventura County, Scott Quirarte, seperti dilansir oleh The Guardian. "Petugas pemadam kebakaran perlu memperhatikan angin dan jenis medan yang mereka tempuh."

Para petugas pemadam kebakaran kini harus bekerja ekstra keras sebab kebakaran baru tengah melanda utara kota San Diego pada hari Kamis (7/12/2017) dan telah menghanguskan 20 rumah dan sebuah tempat pelatihan kuda-kuda pacuan.

Selain itu, deretan rumah trailer di sebuah komunitas lansia juga dilalap api. Dua orang tewas terbakar saat melarikan diri dari api, kata Kapten Nick Schuler dari departemen kehutanan dan perlindungan kebakaran California.

Fasilitas pelatihan kuda pacu San Luis Rey Downs terpaksa melepas lebih dari 450 kuda dilepas untuk mencegah mereka terjebak di kandang kuda jika lumbung terbakar. Belum diketahui secara pasti berapa jumlah kuda yang tewas terbakar saat melarikan diri.

Kebakaran di utara San Diego yang dinamakan "Lilac Fire" itu kini bergerak mengepung daerah pariwisata sekaligus pemukiman yang tersebar antara wilayah Vista dan Oceanside.

Beberapa kasino dan sekolah yang area di sekitarnya belum terbakar kini digunakan sebagai tempat perlindungan. Banyak dari mereka yang mengungsi hanya membawa pakaian seadanya dan tidak sempat menyelamatkan dokumen-dokumen penting.

Keberadaan titik api di sebelah utara San Diego membuat Gubernur California, Jerry Brown, mengumumkan keadaan darurat di daerah tersebut pada Jumat sore.

CNN dalam laporan terkini menyebut bahwa titik api kembali terdeteksi tepat di sebelah utara "Lilac Fire" dan telah menghanguskan 300 hektar.

5.700 petugas pemadam kebakaran dan personel militer yang diterjunkan di wilayah-wilayah tersebut telah bekerja siang-malam untuk menjinakkan api.

Selain kelelahan dan stamina yang menurun, mereka juga diancam oleh bahaya yang timbul dari menghirup asap terlalu banyak dan hembusan api yang berdampak pada iritasi mata.

Bedasarkan data terbaru, total sudah 141 ribu hektar lahan (Belum terhitung jumlah bangunan dan kendaraan) yang terbakar dalam enam peristiwa kebakaran yang terjadi dalam tempo seminggu ini.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya