Wisatawan Belanda Terperosok di Lubang Trotoar, Ridwan Kamil Minta Maaf

Bagaimana pendapatmu?

Kali ini warganet kembali menaruh keprihatinan dan rasa sayang kepada wisatawan yang terperosok trotoar jalan yang bolong di Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung. Insiden itu terjadi pada Selasa (3/10/2017) malam. Untung saja, kejadian itu terekam dan diunggah oleh Sazkia Rosseina Gaziscania di akun facebook pribadinya dan merekomendasi langsung kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam Curhatannya, Sazki Menyayangkan Rusaknya Trotoar Jalan Dago Hingga 'Memakan' Korban.

Wisatawan Belanda Terperosok di Lubang Trotoar, Ridwan Kamil Minta MaafFacebook/@SazkiaRosseinaGaziscania

Dalam status yang dibuatnya pada 4 Oktober pukul 4.70 itu, Sazki mengungkapkan pengalamannya menolong pasangan wisatawan asal Belanda yang terjatuh dan mengalami cedera karena terjerembak pada trotoar bolong di Jalan Dago. Berikut ini tulisan status pengalaman Sazki selengkapnya.

Hai Kang Ridwan Kamil, selamat ulang tahun ya. Semoga sehat selalu. Anyway, kali aja ada waktu utk baca cerita saya semalam. Foto ini diambil seizin Herman dan Marion, dua turis asal Belanda yang sedang berlibur di Bandung, Indonesia. Kebetulan saya baru pulang naik motor berdua si adik, dan mendengar ada suara rintihan minta tolong di trotoar seberang pom bensin Dago, tepatnya di nomor 399.

Tadinya mau cuek karena kami dalam kondisi kehujanan dan membawa cucian. Tapi hati berkata lain, adik saya ngerem, saya pun berujar “lihat dulu yuk, siapa tau butuh pertolongan”

Dan ternyata Marion, usia 51 tahun, terjeblos di trotoar yg bolong. Katanya kakinya patah, sehingga ia tidak bisa berdiri. Ada suaminya, Herman yg terlihat panik. Saya sendiri tidak berani melihat lukanya. Ada seorang anak SMA yg membantu penerangan dengan senter dari HPnya.

Saya menawarkan ambulans. Herman setuju. Saya telpon ke 112 (ini adalah satu-satunya nomor emergency di Indonesia yg saya tahu) dan mereka menyarankan saya menelpon ke 119 utk pertolongan ambulans. Terhubung dengan 119, mereka berjanji akan mengirimkan dokter dan ambulans.

15 menit berlalu, tidak ada tanda ambulans datang. Adik saya sudah pulang dan mengambil mobil, tapi kondisi kaki patah dan postur tubuh besar tidak memungkinkan utk diangkat. Terpikir kantor PMI di sebelah Pom Bensin dan akhirnya adik saya meluncur ke sana. Alhamdulillah, paramedis dan ambulans segera datang dan memberikan pertolongan pertama. I HEART YOU, PMI!!

Tadi sambil menunggu ambulans, Herman meminjam telpon dan meminta saya untuk mencari nomor hotel Jayakarta. Ternyata mereka bersama Panorama Tour, dan Chris, tour leadernya segera datang bersama orang hotel Jayakarta. Saya menghubungi 119 dan mengatakan kalau bantuan PMI sudah datang duluan dan saya ikut menemani Herman dan Marion hingga sampai ke UGD RS Borromeus.

Setelah dirontgen, terlihatlah patah tulang kaki kiri 2 ruas dan 3 rusuk kanannya. Marion akan menjalani operasi besok, dan sudah mendapatkan penanganan di RS Borromeus. Herman sempat mengeluarkan dompet mau memberikan saya uang, tapi saya tidak mau menerima. Herman memeluk saya dengan erat dan menyampaikan terima kasih berulang kali.

Teman-teman yg suka jalan kaki, hati-hati ya semuanya. Dalam keadaan jalan yg gelap, kita suka nggak awas dengan kondisi trotoar yang ternyata bisa membahayakan. Kalau sampai jatuh begini, fatal sekali akibatnya, bisa sampai patah tulang. Semoga kita semua dalam keadaan sehat, dan PU segera memperbaiki yang rusak-rusak.

Akibatnya, Marion Mengalami Patah Tulang Kaki Kiri 2 Ruas dan 3 Rusuk Kanannya.

Wisatawan Belanda Terperosok di Lubang Trotoar, Ridwan Kamil Minta MaafFacebook/@SazkiaRosseinaGaziscania

Unggahan milik Sazkia Rosseina Gaziscania di Facebooknya ini pun menjadi viral. Terbukti unggahan tersebut sudah berhasil dibagikan sebanyak 1.743 kali dibagikan dan sudah dilihat 5 ribu lebih dan di komentari sebanyak 205 orang. 

Mendapat informasi soal kecelakaan yang menimpa wisatawan asing, Ridwan Kamil pun turun tangan. Sang Walikota pun menjenguk Marion di rumah sakit. Melalui Instagram pribadi @ridwankamil, ia mengunggah foto dirinya berada di samping Marion yang terbaring di ranjang. Tak lupa ia pun memperlihatkan foto karangan bunga beserta kartu ucapan permintaan maafnya.

Ini Potret Saat Ridwan Kamil Berkunjung dan Meminta Maaf Langsung kepada Marion.

Wisatawan Belanda Terperosok di Lubang Trotoar, Ridwan Kamil Minta MaafInstagram/@ridwankamil

Menengok dan meminta maaf kepada tamu wisatawan dari Belanda yang sedang recovery di Boromeus karena insiden terjatuh di trotoar di area terminal dago di jalan Dago atas tadi malam. Sabtu lusa sudah bisa pulang dari RS. Semua biaya RS dan pesawat kami mengambil tanggung jawab. Termasuk biaya travel jika akan ke Indonesia lagi tahun depan. __________. Saya juga sudah memberi teguran kepada kepala dinas PU yang lalai dalam menjaga kualitas trotoar di lokasi tersebut dan memerintahkan untuk segera memperbaikinya, tidak hanya di lokasi kejadian tapi diseluruh Bandung. _________ Terima kasih juga untuk Sazkia, warga Bandung yang saat kejadian dengan cekatan menolong dan membawa ke RS. Semoga ini semua menjadi hikmah untuk lebih baik lagi di masa depan. Mohon maaf dan Hatur nuhun.

Menariknya di dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa dirinya juga telah memberikan teguran kepada kepala dinas PU yang lalai dalam menjaga fasilitas trotoar. Ia pun memerintahkan pihak terkait untuk segera memperbaikinya. Ia juga berterima kasih kepada Sazkia yang saat kejadian dengan cekatan menolong Marion. 

Semoga menjadi evaluasi untuk pemerintah agar lebih baik lagi dalam mengelolah fasilitas di perkotaan dengan baik dan bisa mengurangi adanya korban seperti Marion ini ya.

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya