Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di Tanganmu

“OK, Google… Jam berapa waktu berbuka?”

Tak terasa sudah hampir seminggu umat muslim melaksanakan puasa. Akan tetapi, ibadah menahan nafsu dari fajar hingga petang ini bukan satu-satunya ciri khas Ramadan. Ada juga yang namanya ngabuburit, sahur on the road, hingga berburu takjil untuk buka.

Untungnya, ada banyak layanan dari Google yang bikin kegiatan-kegiatan di atas jadi makin mudah dan seru. “Teknologi Google jadi makin relevan saat Ramadan”, ungkap Putri Silalahi, Product Communication Google Indonesia, pada satu kesempatan di Surabaya, Kamis (9/6) lalu.

Sebagai orang yang selau bawa smartphone ke mana-mana, gak ada salahnya jika kamu mengunduh aplikasi-aplikasi ini di gawai kamu.

1. Google App, yang bisa diperintah dengan suara saat kedua tangan kamu sibuk.

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di Tanganmuthenextweb.com

Layaknya Tony Stark di film Iron Man, kini kamu bisa mencari apa saja di Google dengan penelusuran suara (voice search). Bayangkan, selagi kamu sibuk menyiapkan peralatan masak, Google sudah menyiapkan resep dan cara membuat kolak buat berbuka petang ini.

2. Kamu fokus puasa aja, biar Google App yang membereskan hal-hal sepele.

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di TanganmuGoogle Indonesia

Seperti mengatur alarm, timer dan mengirim SMS. Bahkan kamu juga bisa membuka aplikasi lain cuma dengan suara. “OK Google, buka aplikasi Go-Jek”, misalnya.

3. Ada Google Maps yang siap jadi navigator kamu buat mudik nanti.

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di Tanganmuidntimes.com/yogie

Mungkin kamu sudah familiar dengan layanan yang satu ini, tapi apa kamu tahu kalau teknologi Google Maps sekarang sudah makin canggih? Maps sekarang bisa melaporkan keadaan traffic secara real-time, jadi kamu bisa menghindari kemacetan, perbaikan jalan dan (amit-amit) kecelakaan dalam perjalanan dari poin A ke poin B.

Selama perjalanan kamu bisa mencari SPBU, supermarket dan masjid terdekat tanpa harus keluar dari Maps. Dan semua tinggal lewat perintah suara!

4. Gunakan Google Now biar kamu serasa punya asisten pribadi.

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di Tanganmudroid-life.com

Aplikasi ini akan memberikan kartu “now-tification” apabila ada berita, video atau konten lain yang sesuai sama selera kamu. Jadi, kalau kamu lagi getol-getolnya ngikutin kultum di YouTube, maka tiap kali Pak Ustadz mengunggah video baru, kamu pasti gak akan ketinggalan.

Google Now juga bakal mengingatkan jika kamu punya janji buka puasa bareng dan jam berapa seharusnya kamu berangkat. Serasa punya ajudan, ya?

5. Dan, yang gak kalah penting, YouTube punya jutaan video buat kamu yang gak bisa hidup tanpa hiburan.

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di TanganmuGoogle Indonesia

Aplikasi YouTube kini dilengkapi fitur ”offline” yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan video ketika terhubung dengan wi-fi. Jadi kamu bisa menyimpan playlist video band atau stand-up comedian kesayangan sebelum mudik. Lalu dinikmati selama perjalanan tanpa menghabiskan kuota internet!

Ramadan Tahun Ini Lebih Mudah Jika Google App Ada di Tanganmuidntimes.com/yogie

Dalam sesi “Ramadan bersama Google” di Surabaya, Silalahi mengatakan bahwa netizen Indonesia selalu mengandalkan smartphone untuk menemukan informasi, serta mempermudah rutinitas mereka selama Ramadan. “Google terus berusaha mengembangkan teknologi yang bisa menjadikan ponsel pintar Anda layaknya asisten, membantu menemukan apa yang Anda butuhkan, di momen Anda membutuhkannya” ujar Silalahi.

Jadi, masih mau repot Ramadan tahun ini? Gak kan, guys?

Topik:

Berita Terkini Lainnya