Berikut Fakta Kejadian Ledakan Bom di Rusunawa Sidoarjo

ledakan pertama terdengar sekitar pukul 18.30 WIB

Sidoarjo, IDN Times - Peristiwa ledakan di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur, menggegerkan para penghuni rusun pada Minggu (13/5) malam.

Menurut penuturan pengurus rusun Lidia Susanti, ledakan pertama terdengar sekitar pukul 18.30 WIB. Ledakan tersebut bersumber dari salah satu kamar yang dihuni oleh keluarga Anton Febriyanto (47) di Lantai 5 Blok B.

Dari data yang dihimpun oleh IDN Times, berikut fakta-fakta kejadian tersebut.

1. Anton tewas karena dilumpuhkan

Berikut Fakta Kejadian Ledakan Bom di Rusunawa SidoarjoIDN Times/Sukma Shakti

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan TKP yang berada di Rusunawa Wonocolo merupakan milik satu keluarga.

Setelah ledakan pertama, pelaku Anton menyebabkan istrinya, Puspita Sari (47) dan anaknya Hilta Aulita Rachman (17) tewas di kamar rusun. Sementara dua anaknya, Faizah Putri (11) dan Garidah Huda Akbar (10) mengalami luka dan dibawa ke RS Khadijah lalu dirujuk ke RS Bhayangkara. Sedangkan satu anaknya, Ainur Rachman (15) dinyatakan selamat.

Baca juga: Kapolda Jatim: Pelaku Bom Rusunawa Sidoarjo Diduga Terkait Bom Surabaya

"Kita lumpuhkan dikarenakan masih hidup dengan ledakan pertama yang bersangkutan masih memegang switching. Oleh karena itu petugas tidak mengambil risiko kemudian melumpuhkan dan akhirnya sekarang yang bersangkutan sudah kita bawa ke RS Bhayangkara," ujarnya Senin (14/5).

2. Anak selamat yang membawa kedua adiknya ke rumah sakit

Berikut Fakta Kejadian Ledakan Bom di Rusunawa SidoarjoIDN Times/Istimewa

Barung juga mengungkapkan salah satu anak pelaku yang selamat, Ainur membawa dua adiknya yang terluka ke rumah sakit. "Dia langsung bawa adiknya itu ke rumah sakit setelah ledakan pertama. Sedangkan ibu dan kakaknya sudah meninggal di TKP," katanya. Sementara Ainur sudah diamankan oleh kepolisian.

3. Diduga ledakan ada unsur ketidaksengajaan

Berikut Fakta Kejadian Ledakan Bom di Rusunawa SidoarjoIDN Times/Sukma Shakti

Barung menambahkan, saat ini kepolisian masih terus menyisir untuk memastikan sterilisasi rusun. Sedangkan penyelidikan pun masih terus dilakukan. "Kalau meledaknya di kamar, ada unsur ketidaksengajaan. Ini semua rakitan (bom). Masih ada beberapa rangkaian yang sudah kami amankan," pungkasnya.

Baca juga: Bom Sidoarjo, 3 Orang Meninggal dan 1 Anak Diduga Keluarga Pelaku Selamat



Topik:

Berita Terkini Lainnya