Larry Page Mundur dari CEO Google dan Dirikan Perusahaan Baru

Berubah untuk menjadi lebih baik itu wajib, ya kan, Google Inc?

Sama seperti manusia yang ingin terus berkembang ke arah yang lebih baik, Google, sahabat seluruh orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua, terutama mahasiswa, juga turut berkembang. Secara mengejutkan, mantan CEO Google, Larry Page, mengumumkan bahwa mereka membuat perusahaan yang baru. Tujuannya ya satu, untuk mewujudkan apa yang ditulis Larry Page dan Sergey Brin di surat pendirian Google 11 tahun yang lalu. Mereka berjanji bahwa Google bukanlah perusahaan konvensional yang terus berputar secara statis. Akhirnya pada hari Senin, 10 Agustus 2015 waktu setempat, Google membuat momentum dengan mendirikan perusahaan bernama Alphabet.

Google Inc Mau Kemana Sih Memangnya?

Larry Page Mundur dari CEO Google dan Dirikan Perusahaan Baru

Google, sang mesin pencari sebenarnya tidak kemana-mana. Dia masih setia menemani smartphone-mu dan laptopmu. Hanya saja, kini Google menjadi salah satu anak perusahaan Alphabet yang dipimpin oleh Larry Page dan Sergey Brin yang menjadi Presiden, didampingi Eric Schmidt yang menjadi Executive Chairman. Larry Page bilang bahwa kini mereka semua bisa fokus untuk mengembangkan berbagai hal yang memang bisa dikembangkan dari Google. Jadi, Google bukan hilang di tengah hiruk pikuk dunia global, tapi dia ingin berlari lebih kencang. Perlu diketahui bahwa dulu Google Inc memiliki banyak anak perusahaan dengan fokus yang berbeda, seperti contohnya Android, YouTube, Orion, Pyra Labs dan perusahaan lainnya. Kini, Google Inc berubah menjadi Alphabet supaya lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tiap lini bisnisnya. Google, search engine-mu masih ada kok dan tetap bisa diakses, tenang saja.

Terus Sekarang Google, Si Search Engine Punya Saudara?

Larry Page Mundur dari CEO Google dan Dirikan Perusahaan Baru

Secara simpelnya, Google punya saudara di bawah payung Alphabet. Perusahaan besar itu nggak cuma bergerak di dunia online seperti Google, Alphabet juga merambah bidang sains kehidupan, contohnya teknologi kontak lensa yang bisa mengidentifikasi kadar gula darah serta Calico yang bermain di ranah bioteknologi. Google jadi nggak sendirian, dia lebih kuat karena punya pendukung lainnya. Untuk terus melangkah maju, Google sendiri akan dipimpin oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya bertanggung jawab di bagian produk dan pengembangan bisnis internet. Larry percaya Sundar mampu memimpin Google karena mereka sudah bekerja sama selama ini. Yang terpenting, Larry melihat ada kesamaan visi yang ia temukan di Sundar, tidak akan pernah berhenti berinovasi.

Perubahan Nggak Selalu Menyakitkan Kok!

Larry Page Mundur dari CEO Google dan Dirikan Perusahaan Baru

Sama seperti Google Inc yang kini telah berubah menjadi Alphabet Inc, perubahan mungkin akan susah di awal, namun bila itu untuk sesuatu yang lebih baik, kenapa tidak kamu lakukan? Mereka mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan restrukturisasi ini. Tapi, semuanya melalui proses yang sama bukan? Proses itulah yang menjadikan Google, eh Alphabet, menjadi lebih baik lagi. Sama kok seperti manusia, kadang kamu perlu adanya perubahan. Baik perubahan secara langsung atau perubahan yang direncanakan. Berubahlah untuk menjadi sesuatu yang lebih baik, seperti Google yang kini berubah menjadi Alphabet, menjadi semakin besar dan semakin berdampak untuk dunia. Congratulations, Alphabet!

Topik:

Berita Terkini Lainnya