Tiga Skenario Ini Bisa Membuat Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia

Rizieq Shihab hengkang ke luar Indonesia setelah dijadikan tersangka

Jakarta, IDN Times - Pengacara Eggi Sudjana memastikan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan pulang ke tanah air. Hanya saja ia tidak tahu waktu kepulangan Rizieq.

"Habib di Mekkah sudah sangat enak sekali, setiap hari bisa mencium Ka'bah. Tapi kerinduan kami terhadap beliau yang menjadikan kami meminta Habib pulang," tutur Eggi dalam jumpa pers di kantornya di kawasan Tanah Abang, Sabtu (10/2).

Eggi mengatakan, meskipun dirinya tidak tahu persis kapan Rizieq Shihab akan pulang, namun ada tiga skenario yang bisa membawa Rizieq pulang ke tanah air, yakni:

1. Kepolisian mengeluarkan SP3 untuk kasus Rizieq Shihab

Tiga Skenario Ini Bisa Membuat Rizieq Shihab Pulang ke IndonesiaIDN Times/Vanny El Rahman

Seperti diketahui, sebelum hengkang ke luar negeri, Rizieq Shihab telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan pornografi. Sejak kepergiannya, Polda Metro Jaya kemudian memasukan Rizieq Daftar Pencarian Orang (DPO).

Salah satu satu kuasa hukum tandeman Eggi, Razman Arif Nasution, meminta Kepolisian mengeluarkan SP3 untuk kasus ini. SP3 adalah Surat Perintah Penghentian Penyidikan. Dengan SP3 ini, status tersangka Rizieq Shihab bisa batal. 

"Karena urgensi menersangkakan beliau dengan fakta-fakta yang ada dan efek yang ditimbulkan akibat tersangkanya beliau tidak jauh lebih mulia daripada menghukum beliau," kata Razman. 

Baca juga: Rizieq Shihab Pulang, Polda Metro: Kita Tunggu Saja

2. Meminta abolisi dari DPR RI

Tiga Skenario Ini Bisa Membuat Rizieq Shihab Pulang ke IndonesiaIDN Times/Vanny El Rahman

Skenario lain agar Rizieq Shihab mau pulang ke tanah air adalah dengan meminta abolisi dari DPR. Abolisi adalah penghentian penyidikan yang dilakukan oleh pemerintah mengenai orang yang bersangkutan karena dinilai tidak memiliki kapasitas untuk memberikan penjelasan secara hukum.

Meski demikian, Eggi juga menyampaikan kalau abolisi sulit untuk direalisasikan. "Tapi ini ribet menurut pendapat hukum saya, karena harus meminta pendapat DPR RI. Dan nanti urusannya akan ke politik lagi karena di DPR pasti ada pro-kontra. Oleh sebab itu, kita tutup segala jalur politik," tuturnya.

3. Menunggu hasil istikharah Rizieq

Tiga Skenario Ini Bisa Membuat Rizieq Shihab Pulang ke IndonesiaIDN Times/Vanny El Rahman

Selain menanti SP3 dari Kepolisian, Rizieq Shihab juga dikabarkan akan melakukan salat istikharah. Salat istikharah adalah salat untuk meminta petunjuk. 

"Dia meminta waktu untuk istikaharah, tentu akan lebih sempurna karena istikharahnya di depan Ka'bah. Kalau hasil istikaharah-nya adalah pulang, beliau akan pulang, tentu kami berharap tidak ada upaya kriminalisasi," kata Eggi.

Baca juga: Rizieq Shihab Pulang ke Tanah Air, MUI: Jangan Gaduh!


 

Topik:

Berita Terkini Lainnya