Wanita Ini Meninggal di Pesawat Usai Melaksanakan Umrah

Almarhumah umrah dalam keadaan sakit

Jakarta, IDN Times - Supami (66 tahun) wanita kelahiran Semarang, Jawa Tengah, menghembuskan nafas terakhir setelah menunaikan ibadah umrah di Arab Saudi. Supami meninggal di dalam pesawat Citilink QG 527 yang sedang membawanya pulang ke tanah air, Selasa (7/2).

"Yang bersangkutan meninggal pada 6 Februari 2018, kemudian setelah diperiksa, pihak rumah sakit mengeluarkan surat keterangan kematian tertanggal 7 Februari 2018," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono, Kamis (08/02).

1. Sudah merasa sakit sejak umrah

Wanita Ini Meninggal di Pesawat Usai Melaksanakan UmrahUnplash/Trevor Cole

Berdasarkan keterangan saksi Abdulrofiq Muhaimin selaku ketua rombongan umrah travel PT. Tunisia, almarhum sudah mengeluh sakit sejak melaksanakan ibadah umrah.

"Korban umrah dalam keadaan sakit, pada hari terakhir korban mengeluh lemas dan pada saat menuju bandara di Jeddah korban sudah memakai kursi roda," sambung polisi berpangkat melati tiga itu.

Baca juga: Wisata Umrah yang Nyaman untuk Gen Z dan Millennials

2. Sempat diberikan oksigen dan CPR di pesawat

Wanita Ini Meninggal di Pesawat Usai Melaksanakan UmrahUnplash/Arthur Edelman

Saat pesawat lepas landas, didapati kondisi almarhum semakin lemas, sehingga sempat diberi pertolongan pertama demi menjaga kondisi korban.

"Di dalam pesawat korban sudah semakin lemah dan berada di dalam pesawat dengan diberikan oksigen dan CPR (dorongan di dada) akan tetapi korban tidak tertolong dan dinyatakan korban meninggal dunia 10 jam sebelum pesawat mendarat di Bandara Soekarno Hatta," jelasnya.

3. Keluarga korban tidak ingin dilakukan visum

Wanita Ini Meninggal di Pesawat Usai Melaksanakan UmrahUnplash/Sunhyeon Coi

Setibanya di Jakarta, almarhumah langsung ditangani oleh dokter Ramschie. Menurut keterangannya, almarhum mengalami henti nafas dan jantung.

"Namun pihak keluarga korban yang diwakili oleh ketua rombongan tidak ingin dilakukan visum luar maupun dalam. Rencananya korban akan langsung dibawa ke rumah duka di Semarang," tutup Argo.

Baca juga: Palsukan Visa dan Tiket Umroh, Puluhan Calon Jamaah 'Nyaris' Gagal Berangkat

Topik:

Berita Terkini Lainnya