Sambut Natal dan Tahun Baru, Polisi Antisipasi Kemacetan dan Kenaikan Harga

Demi hari raya dan libur yang aman

Jakarta, IDN Times - Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, aparat keamanan berupaya maksimal untuk mencegah timbulnya keresahan atau gangguan keamanan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru dilakukan dengan berbagai aspek. Misalnya menjaga kenaikan harga sembako, kemacetan, hingga terorisme.

"Hari ini saya akan melakukan video conference. Sembako sudah kita amankan. Aksi teror dan kemacetan akibat libur juga. Ini semua simulasi sudah kita kerjakan," kata Kapolri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 29 November 2017.

Tito menjelaskan, untuk pengamanan tersebut kepolisian akan melibatkan berbagai stakeholder. Mulai dari kepolisian daerah hingga kementerian atau lembaga terkait.

Baca juga: Tidak Sesuai Syariah, Pemerintah Aceh Larang Terompet Tahun Baru

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polisi Antisipasi Kemacetan dan Kenaikan Hargamouseski.com

"Saya akan koordinasi dengan lintas sektoral. Sembako sudah dikerjakan oleh Kabareskrim. Lalu lintas sudah dikerjakan oleh Kakorlantas dengan Kementerian Perhubungan. Nanti gongnya dari saya dan goal-nya di Polri dan para menteri," papar dia.

Tito juga mengajak masyarakat turut menjaga kondisi lingkungan tetap kondusif pada perayaan Natal.

 "Langkah terbaiknya, kita melakukan pendekatan hukum pada mereka, kita sosialisasikan." 
"Di grass root ini banyak yang paham. Apa pun juga, ini (Natal) adalah hari besar. Hari besar Islam kita budayakan, begitu pun Natal, juga kita berikan perlindungan," lanjut Kapolri.

Tak hanya itu, Tito pun mengajak ormas Islam untuk mengamankan perayaan Natal.
 

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polisi Antisipasi Kemacetan dan Kenaikan Hargalamudi.com

"Pengamanan nanti kita libatkan kelompok-kelompok yang Islam, NU dan Anshor. Untuk bantu amankan gereja," kata dia.

Bagi orang nomor satu di kepolisian ini, kerja sama antarelemen manjadi kunci kesuksesan untuk pengamanan hari raya, termasuk perayaan Natal.

"Saya pikir jangan khawatir, Insya Allah ini bisa kita tangani dengan kerja sama dan kekompakan. Tahun lalu kita lakukan dengan baik, saya (Polri) dan TNI bekerja sama dengan baik. Semua potensi ancaman bisa kita antisipasi. Tapi masyarakat harus tertib juga," Tito menandaskan.

Baca juga: Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin Bahagia

Topik:

Berita Terkini Lainnya