Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan Natal

Sinergi pemerintah amankan Natal

 

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengunjungi tiga gereja di Jakarta untuk memantau keamanan Natal di Ibu Kota.

"Jadi pada malam ini, saya bersama Mendagri dan Panglima TNI keliling ke tiga gereja di Jakarta," kata Kapolri kepada awak media usai mengunjungi Misa di Gereja Katedral, Minggu (24/12) malam.

Tiba pada pukul 20.46 WIB, Tjahjo Kumolo terlebih dahulu menyampaikan salam dan pesan dari Presiden kepada segenap jemaat Katedral.

"Salam dari bapak Presiden dan Selamat Natal. Yang paling utama, pemerintah memastikan bahwa setiap umat beragama, agama apapun yang ada di republik ini memiliki hak untuk beribadah sesuai agama dan keyakinnya masing-masing," tegas Tjahjo dihadapan jemaat Katedral.

1. Pesan simbolik dari pemerintah

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Disampaikan oleh Tito bahwa kunjungannya ke Gereja HKBP Menteng, Gereja Imanuel, dan Gereja Katedral adalah pesan bahwa segenap elemen negara berkomitmen untuk amankan perayaan Natal.

"Sebetulnya ini sebagai pesan simbolik bahwa kita untuk meyakinkan bahwa kegiatan ibadah di malam natal ini berjalan dengan aman dan lancar," ungkapnya.

2. Belum ada ancaman yang berarti

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Teatrika Putri

Hingga diselenggarakannya Misa malam Natal, belum ada kejadian yang tidak diinginkan.

"Sampai hari ini, belum ada informasi tentang insiden-insiden yang berarti. Semua berlangsung aman," tambah orang nomor satu di kepolisian Indonesia tersebut.

3. Akan ada evaluasi tentang lalu lintas

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Vanny El Rahman

Terkait kemacetan yang ditimbulkan akibat arus mudik, polisi berbintang empat itu berjanji untuk melakukan evaluasi lebih lanjut.

"Memang di arus mudik, ada beberapa kemacetan di beberapa titik. Di antaranya di jalur pantura. Kemudian di daerah Puncak dan jalur menuju Bandung, tapi bisa diurai. Ini akan terus diamankan dan evaluasi terus menerus agar ibadah Natal sampai tanggal 2 (bisa) kita amankan terus," bebernya.

4. Koordinasi dengan pihak terkait akan terus dijalin

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Teatrika Putri

"Semua wilayah melakukan monitoring dan evakuasi sekaligus pengamanan ketat, meskipun sampai hari ini belum  ada informasi tentang rencana gangguan lain-lain. Untuk itu kita juga megucapkan terima kasih kepada smeua pihak, Panglima TNI, rekan pemerintah baik pusat maupun daerah dan segenap unsur masyarakat Indonesia yang telah mendukung sehingga situasi berjalan lancar dan aman," jelasnya lebih lanjut.

5. Menjunjung tinggi toleransi

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Achmad Mustaqim

Terakhir, Tito turut menyerukan pesan perdamaian kepada masyarakat Indonesia melalui rekan media.

"Tentunya kita berharap dengan kegiatan ini juga membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran dan bangsa yang bhineka. Kita berprinsip pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kita beragam," tutupnya.

6. TNI siap dukung Operasi Lilin 2017

Safari Natal, Polri, Panglima TNI Dan Kemdagri Pastikan Keamanan NatalIDN Times/Vanny El Rahman

 

Segenap jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga membantu pengamanan sepanjang ibadah Natal 

"TNI tentunya siap mendukung kegiatan Operasi Lilin yang dilaksanakan di Polri. Semuanya kita yakinkan bisa berjalan aman dan lancar sampai nanti 2 Januari 2018. Kita back up full kepada kepolisian Indonesia," tegas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada awak media.

Topik:

Berita Terkini Lainnya