Puluhan Ribu Aparat Kepolisian Diturunkan di Aksi 1712 Bela Palestina

Semoga aksi berlangsung damai

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Argo Yuwono memberikan jaminan keamanan selama berjalannya "Aksi 1712 Bela Palestina" yang berlangsung di Masjid Istiqlal dan Monas, Minggu (17/12). 

"Untuk kegiatan Minggu 17 Desember, kepolisian sudah menerima surat pemberitahuan dari MUI. Rencananya besok pagi, mulai subuh jam 4 sampai jam 12 siang," bebernya kepada awak media Sabtu(16/12).

Baca juga: Idrus Marham Berpotensi Jadi Calon Sekjen Partai Golkar Bersama Airlangga Hartanto?

Puluhan Ribu Aparat Kepolisian Diturunkan di Aksi 1712 Bela PalestinaIDN Times/Helmi Shemi

Meski belum bisa dipastikan jumlah masa yang turun aksi, puluhan ribu personel kepolisian disiapkan demi menjaga kondusifitas acara.

"Untuk jumlah estimasi masa, kita tidak ada pemberitahuan. Kita berharap kegiatan lancar dan aman. Jadi untuk kegiatan ini kita menurunkan sekitar 20.000 personel," kata Argo.

Tidak hanya Monas dan Istiqlal yang menjadi fokus kepolisian, Argo juga menjamin peserta aksi bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung dengan perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

"Ada dua titik kumpul yang akan dilakukan, Masjid Istiqlal dan Monas, nanti arahya akan di depan Kedutaan Besar AS. Kemudian ada juga di Patung Kuda, Istana, dan Balai Kota. Nanti ada perwakilan yang ditunjuk untuk bertemu dengan Duta Besar Amerika untuk Indonesia. Sekitar 10 orang akan kita fasilitasi untuk bertemu," pangkas polisi kelahiran Sleman tersebut. 

Puluhan Ribu Aparat Kepolisian Diturunkan di Aksi 1712 Bela PalestinaIDN Times/Vanny El Rahman

Selain pasukan keamanan, rekayasa lalu lintas juga polisi siapkan, tambah Argo. 

"Personil lalu lintas dan Sabhara akan mengatur nanti seperti apa. Jika harus ada pengalihan lalu lintas, atau contra flow, atau buka tutup. Kita memberikan informasi kepada peserta unjuk rasa untuk berbaris di pinggir jalan, sehingga jalan yang lain bisa dilewati," jelasnya. 

Baca juga: Linimasa Aksi Bela Palestina #1712 di Lapangan Monas

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya