Jakarta, IDN Times - Pelaku yang menyebarkan berita bohong alias hoax terkait teror di Gereja Santa Anna, Duren Sawit, Jakarta Timur, diringkus oleh petugas Kepolisian.

1. Pelaku ditangkap di Bekasi

Penyebar Hoax Gereja Santa Anna Diteror Bom Diciduk Polisi IDN Times/Sukma Shakti

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono menyampaikan, pelaku berinisial MIR diringkus oleh Polres Jakarta Timur di Bekasi.

"Berkaitan dengan Jakarta Timur ada info yang masuk ke Polsek Duren sawit. Katanya ada orang yang menggunakan Avanza silver melempar tas ke halaman Gereja Santa Anna. Sorenya sekitar jam 15.00 WIB kita berhasil tangkap di Bekasi," tutur Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/5).

Baca juga: Belum Ada Keluarga yang Ambil Jenazah Teroris Surabaya dan Sidoarjo

2. Sedang dalam proses pemeriksaan

Penyebar Hoax Gereja Santa Anna Diteror Bom Diciduk Polisi IDN Times/Sukma Shakti

Saat ini, yang bersangkutan berada di bawah pengawasan Polres Jakarta Timur guna mendalami apakah MIR berafiliasi dengan kelompok teroris tertentu atau hanya orang yang hanya berbuat iseng.

"Sudah kita amankan di Polres Jaktim dan sedang olah pemeriksaan. Nanti kita tunggu hasil pemeriksaan ya," tambahnya.

3. Tidak ditemukan alat peledak pada tas yang dilempar

Penyebar Hoax Gereja Santa Anna Diteror Bom Diciduk Polisi IDN Times/Sukma Shakti

Sebagaimana diketahui, beredar kabar kalau Gereja Santa Anna sempat diteror oleh orang yang tidak diketahui pada Senin (14/5). Bentuk terornya adalah gereja tersebut dilempari oleh seorang pengendara mobil Avanza Silver tas hitam yang dicurigai berisi bom.

"Setelah dilakukan penyisiran oleh tim penjinak bom, di depan, belakang, kanan, dan kiri halaman Gereja, tidak ditemukan barang mencurigakan," terang Argo. 

Baca juga: Ada Bungkusan Mencurigakan di Dekat Stasiun Palmerah, Jalan Sempat Ditutup