YouTuber Sukses Ini Pernah Pesimis dan Nyaris Jualan Bakmie

Kalau jadi jualan bakmie, pasti jadi rebutan millennials

Bandung, IDN Times - Setiap orang tentunya memiliki mimpi yang ingin diwujudkannya. Begitupun dengan Eka Gustiwana, YouTuber asal Indonesia ini selalu sukses mendapatkan perhatian warganet.

Fakta yang baru terungkap adalah, ternyata Eka pernah memiliki mimpi untuk berdagang (jualan) bakmie.

"Saya bergerak di bidang musik sejak 2007. Tapi saya ajukan musik ke banyak musisi selalu gagal. Sampai saya sempat berkerja di multi-level marketing (MLM). Bahkan saking pesimisnya saya ingin jualan bakmie," kata Eka saat menjadi pembicara Garnier IDN CreativeFest 2017 di Paris Van Java, Bandung, Jumat(24/11).

YouTuber Sukses Ini Pernah Pesimis dan Nyaris Jualan BakmieIDN Times/Rehuel Aditama

Eka pun melihat YouTube sebagai sarana untuk menyalurkan potensi dan ekspresinya, karena ia merasa pesimis untuk bekerja di Industri media konvensional .

"Waktu itu, saya berpikir kerja di TV susah. Industri musik ditolak terus. Sampai saya lihat ada Sinta-Jojo dan Briptu Norman yang viral di YouTube. Ya sudah akhirnya saya pakai YouTube untuk sharing karya saya," ungkapnya. 

YouTuber Sukses Ini Pernah Pesimis dan Nyaris Jualan BakmieIDN Times/Rehuel Aditama

Meski belum memiliki ciri khas, ia hanya bisa bersabar karena sedikit yang menonton videonya. Bahkan ia pernah merasa frustasi ketika musik yang digarapnya tidak menghasilkan uang.

"Waktu saya konser di suatu mall. Terus belum dibayar, baru di transfer besok. Saat itu saya gak pegang uang sepeserpun, bahkan untuk bayar parkir. Tapi saya yakin kalau kita konsisten dengan passion kita, hasilnya gak akan berbohong," tutur Eka. 

Di akhir acara, ia menyampaikan kalau perjalanan panjang dirinya hingga menjadi YouTuber dengan lebih dari 800.000 subscriber bukan perkara mudah. 

Eka pun menutup talkshow dengan mengingatkan kepada para Youtuber untuk memberikan hal bermanfaat di dalam setiap videonya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya