Jadi Saksi Kahiyang dan Bobby, Wapres JK Kenakan Busana Bugis

Bentuk nyata pluralisme Indonesia

Jakarta, IDN Times – Saat hadir sebagai saksi di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampil sedikit beda dari biasanya.

Pria yang akrab dipanggil JK tersebut, mengenakan pakaian Jas Tutu atau baju adat pria di suku Bugis di suasana pernikahan yang mengemas budaya Jawa.  

Baca juga: Ini Makna Bleketepe di Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Berdasarkan pantauan IDN Times, selain mengenakan busana Bugis JK mengenakan peci berwarna hitam keemasan dan disandingkan dengan jas berwarna hitam, dan dilengkapi dengan sarung bernama Lipa Sabbe dengan warna yang sangat mencolok berbahan sutra khas Sulawesi Selatan. 

Jadi Saksi Kahiyang dan Bobby, Wapres JK Kenakan Busana Bugis ANTARA FOTO/Maulana Surya

Sebaliknya, hal yang sama juga dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri sidang tahunan MPR-RI tahun 2017 lalu. Dalam acara tersebut, Jokowi mengenakan pakaian Bugis sementara JK menggunakan pakaian Jawa.

Pakaian yang digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden Indonesia ini, menjadi cerminan dari Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa.

Jadi Saksi Kahiyang dan Bobby, Wapres JK Kenakan Busana Bugis merdeka.com
Kahiyang Ayu Putri dan Muhammad Bobby Afif Nasution, Rabu(8/11) pagi telah resmi menyandang status sebagai pasangan suami istri setelah proses ijab kabul yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Pada prosesi ijab kabul tersebut, Ayahanda dari Kahiyang Ayu Putri, Joko Widodo menyerahkan dan membacakan sendiri prosesi ijab kabul tersebut kepada Muhammad Bobby Afif Nasution.

Baca juga: Sah, Bobby Resmi Jadi Suami Kahiyang

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya