Ini Prediksi Titik Kemacetan di Jakarta Selama Ramadan

Ingat ya guys supaya gak terjebak kemacetan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siap mengerahkan 20 persen personel tambahan, untuk mengantisipasi kemacetan di Jakarta selama Ramadan.

"Kekuatan (personel) kami tambah. Sekitar 20 persen lah personel nya. Tentu kita sesuaikan dengan kondisi lalu lintas di lapangan," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (17/5).

1. Perubahan jadwal Polantas selama Ramadan

Ini Prediksi Titik Kemacetan di Jakarta Selama RamadanAprilio Akbar/ANTARA FOTO

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, pihaknya akan mengubah jadwal penjagaan polisi lalu lintas (Polantas) di Jakarta selama Ramadan.

"Kalau memang pulangnya lebih awal, berarti personel kita perkuat di siangnya, itu. Sore juga kita perkuat," kata dia.

Baca juga: 7 Keutamaan Bulan Suci Ramadan yang Bikin Kamu Nyesel Kalau Dilewatin

2. Mudik lebih awal dirasa lebih baik untuk mengurangi kemacetan

Ini Prediksi Titik Kemacetan di Jakarta Selama RamadanAntara Foto

Yusuf memperkirakan, jadwal mudik atau pulang kampung lebih awal dirasa lebih baik, untuk mengurangi penumpukan kendaraan yang akan keluar kota menjelang Idul Fitri.

"Lebih bagus kalau perusahaan itu lebih awal memulangkan karyawannya. Jadi nanti tidak terjadi penumpukan pada saat H-3 atau H-1," papar dia.

3. Perkiraan titik kemacetan di Jakarta

Ini Prediksi Titik Kemacetan di Jakarta Selama RamadanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Adapun perkiraan titik kemacetan pada minggu pertama, diprediksi terjadi di jalan raya. Sebab, pekan pertama kerap dijadikan sebagai momentum untuk sahur dan berbuka puasa bersama keluarga.

Pekan kedua, Dirlantas Polda Metro Jaya memperkirakan kemacetan akan terjadi di pusat perkantoran dan area kuliner. "Biasanya ada acara bukber, ya," ujar dia.

Memasuki pekan ketiga, diperkirakan kemacetan akan terjadi di pusat perbelanjaan. Terakhir, polisi memperkirakan penumpukan kendaraan akan terjadi di sejumlah titik-titik jalur mudik.

Baca juga: Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan


Topik:

Berita Terkini Lainnya