3 Fakta Penting Pilkada Kota Tangerang, Petahana Lawan Kotak Kosong

KPU Kota Tangerang siapkan puluhan juta rupiah untuk lomba fotografi dan videografi

Jakarta, IDN Times - Kota Tangerang menjadi satu dari 171 daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 nanti.

Selain itu, Kota Tangerang juga menjadi satu dari 13 daerah yang memiliki pasangan calon (paslon) tunggal. Artinya, Arief R Wismansyah bersama Sachrudin selaku petahana yang mencalonkan diri untuk periode keduanya akan melawan kotak kosong.

Terkait hal itu, Arief berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada dan bersama-sama mewujudkan Kota Tangerang yang lebih baik lagi.

“Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada ini. Kita berharap bisa menjalankan kampanye dan seluruh prosesnya berjalan aman damai tanpa harus diikuti fitnah. Kalau kita melihatnya Paslon ini dua, kami dan Kolam Kosong. Nantinya kami akan mengajak masyarakat untuk memberi masukan untuk kemajuan Kota Tangerang,” kata Arief dilansir dari tangerangonline.id.

Apa saja sih fakta menarik seputar Pilkada di Kota Tangerang? Yuk simak di bawah ini

1. Jumlah DPS mencapai satu juta pemilih

3 Fakta Penting Pilkada Kota Tangerang, Petahana Lawan Kotak KosongIDN Times/Sukma Shakti

Berdasarkan keterangan pers KPU Kota Tangerang, jumlah daftar pemilih sementara (DPS) terhitung sejak tanggal 17 Maret 2018 adalah 1.037.369 orang.

Keputusan tersebut merupakan hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018, di Hotel Narita, Cipondoh Kota Tangerang, Jumat (16/03).

“Kita akan tempel DPS ini di setiap kelurahan agar masyarakat bisa melihat dirinya sudah terdaftar apa belum didaftar pemilih sementara. Apabila masyarakat belum terdaftar, maka kita akan melakukan pemutakhiran ulang untuk didata kembali dan data tersebut akan menjadi Daftar Pemilih Tetap,” ujar Sanusi selaku Ketua KPU Kota Tangerang sebagaimana disadur dari situs resmi KPU Kota Tangerang.

Besaran angka tersebut mencakup 519.059 pemilih laki-laki dan 518.300 pemilih perempuan. Kemudian, KPU juga telah mendata daftar pemilih potensial non E-KTP sebanyak 9.157 jiwa.

2. KPU Kota Tangerang siapkan 416 kegiatan sosialisasi

3 Fakta Penting Pilkada Kota Tangerang, Petahana Lawan Kotak KosongIDN Times/Sukma Shakti

Kota Tangerang memiliki sekitar 104 kelurahan. Sebagai upaya sosialisasi Pilkada, KPU akan terjun langsung di seluruh wilayah dan menyiapkan berbagai kegiatan di masing-masing daerah.

“Dalam rancangan anggaran kami yang kami susun sejak awal tahapan, kami memang sudah menyiapkan kegiatan langsung di 104 keluarahan. Masing-masing kelurahan ada 4 kegiatan, atau total sebanyak 416 kegiatan,” tambah Sanusi.

Menurut Sanusi, usaha sosialisasi ini merupakan cara KPU Kota Tangerang untuk memenuhi target partisipasi pemilih sejumlah 78 persen.

3. Semarakkan Pilkada dengan lomba fotografi dan videografi

3 Fakta Penting Pilkada Kota Tangerang, Petahana Lawan Kotak KosongIDN Times/Sukma Shakti

Guna meningkatkan kesadaran kaum millenials akan pentingnya Pilkada, rupanya KPU Kota Tangerang memiliki cara menarik. Terhitung sejak 19 Maret hingga 31 Mei 2018, KPU menggelar lomba fotografi dan videografi.

Alih-alih diminta untuk memotret kegiatan kampanye pasangan calon, panitia justru meminta seluruh peserta untuk menampilkan keindahan Kota Tangerang. Tujuannya adalah meningkatkan partisipasi para peserta lomba, secara khusus, dan masyarakat umum agar menggunakan hak pilihnya untuk menjaga anugerah Tuhan di bumi Kota Tangerang.

Lomba ini boleh diikuti bagi mereka yang berdomisili di Kota Tangerang. Uang puluhan juta telah KPU Kota Tangerang siapkan sebagai hadiah kepada para pemenang yang akan diumumkan pada 2 Juni 2018 mendatang.

Topik:

Berita Terkini Lainnya