Duh! Selama Setahun Anak Ini Diduga Disiksa Ibunya

Video pengakuan sang anak beredar di media sosial

Jakarta, IDN Times - Kekerasan terhadap anak di bawah umur lagi-lagi terjadi. Kali ini korbannya adalah B (8 tahun) yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Kekerasan terhadap B terungkap melalui rekaman video yang diunggah di akun Facebook Eris Riswandi.

Dalam rekaman berdurasi 1 menit 30 detik tersebut terlihat sekujur tubuh B dipenuhi lebam bekas luka pukul. Tak hanya itu, juga terdapat luka bekas siraman air panas.  

Dalam video yang diunggah pada 15 Januari 2018 itu, B ditanyai oleh gurunya di sekolah. Hal itu diketahui dari sang anak yang sedang menggunakan seragam putih merah khas pakaian Sekolah Dasar.

Paling tidak, terdengar suara guru laki-laki dan guru perempuan yang tengah menanyai B dari mana dia mendapatkan luka di seluruh tubuhnya.

1. Pengakuan B yang mengejutkan

Duh! Selama Setahun Anak Ini Diduga Disiksa Ibunya IDN Times/Sukma Shakti

Kepada guru yang menanyainya, B mengatakan jika pelaku kekerasan terhadap dirinya adalah ibundanya sendiri. 

“Iya, disiram (air panas) kemarin-kemarin. Ini dipukul sama bunda,” jawab B saat sang guru menanyai bekas luka yang berada di tubuh sang anak.    

Tidak hanya di tubuhnya, mata korban juga tampak bekas luka yang telah membiru. Saat ditanya apakah B berperilaku nakal kepada sang bunda, sang anak mengaku tidak nakal dan tidak meminta apapun.

Salah seorang guru mengatakan bahwa B berperilaku baik di sekolahnya. Hingga berita ini dinaikkan, video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari dua juta kali dan lebih dari 1.500 akun telah membagikannya.

Baca juga: Waspadai Kasus-Kasus Kekerasan Seksual Ini, ya!

2. Polisi tengah mencari sang ibunda

Duh! Selama Setahun Anak Ini Diduga Disiksa Ibunya IDN Times/Sukma Shakti

Eris, selaku pemilik akun, juga mencantumkan lokasi di mana sang anak tinggal, yaitu di Kuningan, Jawa Barat. Menanggapi video itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Raden Argo Yuwono mengatakan, Cyber Polda Metro Jaya Direktorat Reserse Kriminal Khusus telah mengirim anggotanya ke lokasi.

“Ada video anak kecil yang hampir setahun disiksa oleh ibunya. Kemarin Cyber PMJ Ditreskrimsus sudah melakukan penyelidikan di Kuningan, Jawa Barat,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (03/02).

3. Diduga pelaku lebih dari satu orang

Duh! Selama Setahun Anak Ini Diduga Disiksa Ibunya IDN Times/Sukma Shakti

Hingga saat ini, pihak berwajib belum mengetahui motif sang ibunda mengapa melakukan hal tidak terpuji tersebut.

Namun, Argo menyampaikan, pihak Kepolisian telah mengetahui bahwa B dianiaya tidak hanya oleh sang bunda, melainkan disiksa juga oleh saudaranya.

“Informasi pelakunya tidak hanya satu. Tidak hanya ibunya saja, tapi ada juga saudaranya yang melakukan penganiayaan,” sambung polisi berpangkat melati tiga itu.

Polisi akan bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk menghilangkan rasa trauma kepada sang anak.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Guru di Sampang Terancam Dijerat UU Peradilan Anak

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya