BNPB Keluarkan 3 Imbauan Terkait Gempa Bumi

Waspada selalu

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwono Nugroho mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar lebih waspada terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Hal itu disampaikannya, mengingat wilayah Indonesia berada di jalur pertemuan lempeng tektonik.

Berikut tiga imbauan BNPB agar masyarakat mawas diri terhadap gempa bumi

Baca juga: Gempa 6,5 SR Guncang Papua Nugini

1. Tidak semua fenomena alam menandakan datangnya gempa

BNPB Keluarkan 3 Imbauan Terkait Gempa BumiTERDAMPAR - Dokter Kesehatan Hewan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh memeriksa salah satu dari empat ekor paus yang mati pascaterdampar di Pantai Desa Durung, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (14/11). ANTARA FOTO/Ampelsa

Sebelum gempa terjadi, biasanya terlihat tanda-tanda alam yang unik. Menanggapi hal itu, Sutopo menegaskan bahwa hal tersebut tidak semuanya benar.

"Biasanya kalau ada ikan Paus terdampar dan tangkapan hasil ikan melimpah tiba-tiba, sering kali dianggap sebagai tanda datangnya gempa. Hal itu tidak ada kaitan dengan gempa. Itu semua hoax," ujarnya

2. Belum bisa diprediksi

BNPB Keluarkan 3 Imbauan Terkait Gempa Bumisatriabajahitam.com

Teknologi yang ada di Indonesia, ternyata belum mampu memprediksikan lokasi mana saja terjadinya gempa.

"Gempa bumi tidak dapat diprediksi secara pasti. Hal itu pasti terjadi, tapi kemampuan ilmu pengerahuan saat ini belum mampu memprediksi secara pasti kapan, dimana dan seberapa besar kekuatannya akan terjadi," tambah Sutopo.

3. Jangan panik ketika terjadi gempa

BNPB Keluarkan 3 Imbauan Terkait Gempa Bumiamazonaws.com

Hal penting yang harus disampaikan adalah, masyarakat jangan panik ketika terjadi gempa.

"Masyarakar dhimbau untuk tenang dan selalu meningkatkan kewaspadaa dari ancaman gempa. Hendaknya masyarakat mencari informasi ke BMKG sebagai lembaga yang kompeten dan berwenang menyampaikan kegempaan," katanya.

Baca juga: Ratusan Orang Tewas karena Gempa, Bayi Iran Ini Selamat

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya