Bijak Menyaring Konten di Medsos Jadi Kunci Sukses Pencegahan Hate Speech

Kunci suksesnya menyaring informasi

Jakarta, IDN Times - Perkembangan zaman yang kian modern dan digital, tentunya menimbulkan berbagai hal untuk diberikan nilai postif hingga diwaspadai. Khususnya saat kita tengah asyik berseluncur di Media Sosial (Medsos). 

Kurang bijak dalam berinteraksi di medsos tidak hanya membuat seseorang menjalani proses hukum, namun juga menjadi bahan pergunjingan. 
 
"Saat ini kita sedang mengalami euforia medsos. Selain kondisi Indonesia pascareformasi, ternyata membuat para penggunanya (warganet) cenderung berlebihan. Sehingga membuka peluang masuknya ujaran kebencian beredar,"jelas Direktur Imparsial, Al Araf.

Baca juga: Zainuddin: Pilkada Serentak 2018 Terkendala Masalah E-KTP

Bijak Menyaring Konten di Medsos Jadi Kunci Sukses Pencegahan Hate SpeechIDN Times/Vanny El Rahman

Untuk mencegah penyalahgunaan media sosial, masyarakat perlu diberikan edukasi dan sosialisasi.

"Memang masyarakat harus diberi penjelasan dan pemahaman tentang hate speech. Sehingga, jangan sampai dapat berita yang belum pasti kebenarannya, terus disebarkan lagi,"jelasnya saat menjadi pembicara di Polda Metro Jaya, Kamis (23/11).

Bijak Menyaring Konten di Medsos Jadi Kunci Sukses Pencegahan Hate Speechkominfo.go.id

Dihadapan ratusan tokoh masyarakat, ujaran kebencian adalah benih-benih kehancuran sebuah negara.

"Hate speech melahirkan intoleransi dan radikalisme. Kalau sampai tidak dibendung, akan menyebabkan perpecahan politik dan bangsa. Jadi jangan sampai Indonesia hancur akibat ujaran kebencian," tambahnya. 

Baca juga: Dampak Hate Speech Bisa Buat Gak Nyaman dan Negara 'Pecah'

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya