Berikut Rentetan Kecelakaan Kontruksi di Ibu Kota

Semoga peristiwa serupa tidak terulang kembali

Jakarta, IDN Times - Di tengah galaknya pembangunan infrastruktur di Ibu Kota, serangkaian kecelakaan kerja terus terjadi. Setelah ambrolnya perimeter underpass Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu, kini giliran tiang girder dekat Gardu Tol Kebon Nanas di Jakarta Timur yang ambruk.

Akibat insiden mengerikan ini, tujuh pekerja mengalami luka. Mereka telah dilarikan ke rumah sakit. IDN Times menghimpun insiden kecelakaan konstruksi kerja yang terjadi di DKI Jakarta, berikut di antaranya:

1. Kecelakaan konstruksi pada pemindahan crane pengangkut VMS

Berikut Rentetan Kecelakaan Kontruksi di Ibu KotaTwitter/@@TMCPoldaMetro

Pada 16 Oktober 2017, tepatnya pukul 00.00 WIB, terjadi kecelakaan kerja yang menyasar crane pengangkut Variable Message Sign (VMS) di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 15 arah Cikampek.

Insiden tersebut adalah rangkaian dari pengerjaan proyek Jalan tol Jakarta-Cikampek. Faktor cuaca diduga menjadi penyebab robohnya penanda jalan tersebut. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Baca juga: Tiang Girder Tol Becakayu Ambruk, Begini Kronologisnya

2. Ambruknya girder Tol Depok-Antasari

Berikut Rentetan Kecelakaan Kontruksi di Ibu KotaTwitter/@@TMCPoldaMetro

Sebelumnya, peristiwa robohnya girder juga pernah terjadi di proyek Tol Depok-Antasari pada Selasa 2 Januari 2018 silam. Jatuhnya balok girder tersebut diduga akibat tersenggolnya eskavator yang sedang beraktivitas di bawahnya.

Peristiwa yang terjadi di Kawasan TB Simatupang sekitar pukul 10.00 WIB itu merusak dump truk yang terletak tepat di bawah girder.

3. Box girder jatuh pada proyek LRT

Berikut Rentetan Kecelakaan Kontruksi di Ibu KotaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selanjutnya, peristiwa kecelakaan konstruksi kerja pun terjadi pada proyek Light Rapid Transit (LRT) di Pulo Gadung, Jakarta Timur, 22 Januari 2018. Girder yang jatuh berada pada jalur yang menyambungkan Velodrome-Kelapa Gading.

Proyek ini merupakan bagian dari persiapan pemerintah menjelang Asian Games 2018. Atas kejadian ini, lima orang yang telah mengerjakan proyek dari pertengahan 2016 ini harus dilarikan ke rumah sakit.

4. DDT roboh di Jatinegara

Berikut Rentetan Kecelakaan Kontruksi di Ibu KotaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Peristiwa konstruksi kerja yang masih hangat adalah jatuhnya crane pengangkut beton proyek pembangunan atau Double-Double Track (DDT) di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.  Empat pekerja menjadi korban atas kejadian ini.

Pada saat kejadian, hujan deras tengah melanda Ibu Kota sekitar pukul 05.00 WIB. Faktor cuaca diduga menjadi penyebab ketidakcocokan penempatan DDT, sehingga beberapa lempengan besi terpaksa memakan dua korban jiwa di lokasi kejadian.

Baca juga: [FOTO]: Ambruknya Tiang Girder Tol Becakayu

Topik:

Berita Terkini Lainnya