Begini Cara Dua Anjing K9 Menemukan Korban Longsor Cijeruk

Sam dan Emma bisa mengetahui posisi jasad korban di bawah tanah

Jakarta, IDN Times - Beragam cara dilakukan Tim SAR untuk mencari korban yang tertimbun longsor di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari mulai mengerahkan alat berat hingga menggunakan anjing pelacak atau K9.

Hasilnya, Tim SAR berhasil menemukan lima jasad korban yang tertimbun tanah selama tiga hari.

1. Jasad korban berhasil ditemukan

Begini Cara Dua Anjing K9 Menemukan Korban Longsor CijerukDok IDN Times/Humas Polres Bogor

Kapolres Kabupaten Bogor AKBP Andi Moch Dicky mengatakan semua jasad korban telah berhasil ditemukan pada hari ini, Rabu (7/2).

"Satwa anjing K9 berhasil bantu temukan seluruh korban jiwa pada Rabu (07/02)," kata Dicky melalui keterangan tertulis, Rabu (07/02).

Baca juga: Jalur Kereta Bogor-Sukabumi Menggantung Akibat Longsor di Cijeruk

2. Proses penggalian puing-puing dibantu oleh tim gabungan

Begini Cara Dua Anjing K9 Menemukan Korban Longsor CijerukDok IDN Times/Humas Polres Bogor

Dalam proses evakuasi ini, polisi mengerahkan dua anjing K9, masing-masing bernama Sam K9 dengan pawang Brigadir Wayan dan Emma K9 dengan pawang Robin Sirait.

Ketika menyusuri timbunan tanah, kedua anjing tersebut mulai menunjukkan reaksi di salah satu titik. Indera penciuman mereka yang sangat tajam seolah bisa mengendus keberadaan korban di bawah tanah.

"Emma K9 menunjukkan reaksi dengan menggaruk tanda awal bahwa di dalamnya terdapat korban jiwa dan selanjutnya dari Tim Basarnas, TNI dan POLRI melaksanakan penggalian titik di mana satwa anjing K9 memberikan reaksi tersebut," kata polisi berpangkat melati dua itu.

3. Korban tewas ternyata satu keluarga

Begini Cara Dua Anjing K9 Menemukan Korban Longsor CijerukDok IDN Times/Humas Polres Bogor

Setelah seluruh jasad berhasil dievakuasi, Dicky menambahkan, didapati lima tubuh korban yang merupakan satu keluarga. Keseluruh jasad korban berhasil ditemukan oleh Emma K9 dengan titik yang berbeda.

Baca juga: Longsor Cijeruk Bogor, 3 Korban Tewas Dievakuasi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya