8 Anggota Geng Motor Penjarah Jadi Tersangka, 4 di Antaranya Positif Narkoba

Tersangka ada yang di bawah umur dan perempuan

Jakarta, IDN Times - Buntut penjarahan toko pakaian Fernando di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, oleh Geng Motor Jembatan Mampang (Jepang), polisi menetapkan delapan dari 26 orang yang diduga terlibat sebagai tersangka.

"Delapan yang sudah tersangka. Intinya, saat ini kita sudah mengidentifikasi beberapa orang dan mungkin dalam waktu dekat bisa melakukan penangkapan beberapa orang lagi," kata Kapolresta Depok AKBP Didik Sugiarto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (27/12).

1. Empat dari delapan tersangka mengonsumsi narkoba

8 Anggota Geng Motor Penjarah Jadi Tersangka, 4 di Antaranya Positif NarkobaANTARA FOTO/Budiyanto

Dari proses pendalaman, polisi melakukan tes urine kepada anggota geng motor Jepang. Empat orang di antaranya terbukti positif mengonsumsi narkoba.

"Positif. Dari 26 yang kita periksa, satu positif ganja, satu positif sabu, dan dua positif benzo. Nah, fokus kita yang positif ganja dan sabu. Ini akan kita dalami, dari mana mereka dapat dan menggunakan dengan siapa saja," kata Didik.

Melalui pengungkapan kasus ini, polisi akan melakukan penelusuran lebih lanjut terkait penyalahgunaan barang haram yang dikonsumsi anggota geng motor ini.

"Saat ini Timsat Narkoba sedang dalamin terkait dengan beberapa orang yang hasil pemeriksaan urinenya positif (narkoba). Kita ingin membongkar jaringan yang memasok narkoba di anak-anak geng motor," kata polisi berpangkat melati dua tersebut.

2. Ketua geng belum ditangkap

8 Anggota Geng Motor Penjarah Jadi Tersangka, 4 di Antaranya Positif NarkobaANTARA FOTO/Risky Andriyanto

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan dari delapan tersangka, pihaknya belum menangkap pentolan geng motor Jepang.

Sementara, AKBP Didik berharap dalam waktu dekat pihaknya meringkus pimpinan geng motor ini.

"Saat ini tim sedang bekerja. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama kita bisa lakukan pengungkapan. Insyallah akan ditangkap," ujar Didik.

Baca juga: FPI Bantu Polisi Ringkus Geng Motor Sadis

3. 5 Tersangka masih di bawah umur

8 Anggota Geng Motor Penjarah Jadi Tersangka, 4 di Antaranya Positif Narkobabandungaktual.com

Argo mengatakan delapan tersangka yang ditangkap terdiri dari laki-laki dan perempuan, serta anak di bawah umur.

"Ada 26 orang, delapan (tersangka) kita amankan, sisanya dipulangkan. Delapan terdiri dari lima orang di bawah umur dan tiga orang dewasa. Tiga di antaranya perempuan," kata dia.

"Mereka yang terbukti menggunakan narkoba adalah mereka yang dewasa," Kapolresta Depok menambahkan.

4. Menindak anggota yang mengonsumsi narkoba

8 Anggota Geng Motor Penjarah Jadi Tersangka, 4 di Antaranya Positif Narkobakaskus.co.id

Kendati para pengguna narkoba adalah orang dewasa, namun polisi belum memutuskan apakah mereka akan direhabilitasi atau ditahan.

"Yang pasti kita akan mengambil langkah tepat. Keinginan kita akan membongkar sindikatnya, jaringannya, agennya, sampai bandar-bandarnya. Kita kan ingin menyelamatkan anak-anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba," kata Didit.

Baca juga: Video Kekerasan Jalanan, Geng Motor Atau Rekaman Hoax?

Topik:

Berita Terkini Lainnya