Menteri ESDM Jonan Memantau Erupsi Gunung Sinabung

Masyarakat sekitar diharapkan tetap waspada

Karo, IDN Times - Gunung Sinabung masih menyimpan potensi bahaya erupsi. Menurut data dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), ancaman bahaya erupsi bersifat eksplosif terbatas pada radius lebih kurang 5 kilometer.

Menteri ESDM Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Gunung Sinabung pada hari Selasa, 20 Maret 2018. "Saya berharap masyarakat sekitar tetap waspada," ujar Jonan. 

1. Gunung Sinabung meletus pertama kali pada 27 Agustus 2010

Menteri ESDM Jonan Memantau Erupsi Gunung SinabungIDN Times/Humas BNPB

Gunung ini terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera. Terletak pada lokasi geografis dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut.  Letusan Gunung Sinabung pada tahun 2010 dikategorikan tipe letusan freatik yang diikuti jatuhan abu vulkanik yang menyebar ke timur-tenggara Gunung Sinabung.

Baca juga: 13 Foto Erupsi Sinabung yang Akan Menggetarkan Hatimu

2.  Aktivitas Gunung Sinabung masih tetap level IV (AWAS)

Menteri ESDM Jonan Memantau Erupsi Gunung SinabungIDN Times/Humas BNPB

Kegempaan Gunung Sinabung setelah letusan terakhir tanggal 19 Februari 2018 didominasi oleh Gempa vulkanik VA dan VB yang diinterpretasi masih adanya fluida yang bergerak dari bawah kawahnya.

"Potensi bahaya karena pertumbuhan kubah masih berlangsung di puncak, guguran lava pijar, dan awan panas ke arah Timur-Tenggara dan Selatan-Tenggara," demikian bunyi laporan yang diterima Jonan.

3. Masyarakat dan wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak

Menteri ESDM Jonan Memantau Erupsi Gunung SinabungANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Jarak bahaya radius 3 km dari puncak dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara Gunung Sinabung, yaitu yang berada di bukaan lembah yang berpotensi terlanda awan panas. Masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Menteri ESDM Jonan Memantau Erupsi Gunung SinabungIDN Times/Sukma Shakti

Saat ini, pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing dan warga yang tinggal di hunian sementara ada 348 Kepala Keluarga (KK). Menteri Jonan juga akan memantau aktivitas Gunung Sinabung dari Pos Pemantauan di Ndokum Siroga, Karo. 

Baca juga: Ngeri tapi Indah, Inilah 14 Potret Unik Letusan Gunung Sinabung

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya