Waduh! Gunung Bromo Mengalami Peningkatan Status Waspada

Tak cuma Gunung Agung di Bali yang bergejolak. Doakan baik-baik saja ya

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana selalu update informasi tentang Gunung Agung di akun Twitter pribadinya. Bahkan dalam update informasi tersebut, Sutopo juga menyertakan foto ataupun video kondisi terkini di Gunung Agung.

Dalam twit-nya sejak Senin (27/11/2017) pagi, Sutopo menjelaskan bahwa kondisi di dekat Gunung Agung sudah mengeluarkan lahar dingin. Warga di sekitar Gunung Agung diharapkan untuk tidak mendekati lokasi. 

Sutopo menjelaskan, material piroklastik dari erupsi Gunung Agung akan terus bertambah. Terlebih hujan akan meningkat selama musim penghujan. Oleh karena itu, potensi banjir lahan hujan akan meningkat.

"Jangan melakukan aktivitas di sungai," kata Sutopo dalam akun Twitternya. 

"Waspadai banjir lahar hujan (lahar dingin) di sekitar Gunung Agung. Banjir lahar hujan sudah terjadi di beberapa tempat di lereng Gunung Agung. Hujan akan meningkat. Jangan melakukan aktivitas di sekitar sungai. Radius 8-10 km harus kosong dari aktivitas masyarakat," ujar Sutopo.

Gunung Agung meletus, Bandara Ngurah Rai ditutup. Warga juga diimbau waspada lahar dingin.

Waduh! Gunung Bromo Mengalami Peningkatan Status Waspadahttps://twitter.com

Sebelumnya, pada Minggu (26/11/2017) pukul 22.00 WITA, Gunung Agung meletus dengan ketinggian letusan mencapai 3.000 meter. Hal ini disampaikan Sutopo Kepala BNPB di akun Twitternya.

Dalam letusan tersebut, kata Sutopo, juga terlihat sinar api. Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang masih berada di radius 6-7,5 km harus segera mengungsi.

Akibat hal ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar Bali ditutup mulai Senin (27/11/2017) pukul 07.00 WITA hingga Selasa (28/11/2017) pukul 07.00 WITA.

"Bandara akan dibuka kembali setelah dilakukan evaluasi per 6 jam.Penutupan bandara terkait letusan Gunung Agung. Total ada 445 penerbangan dengan 59.000 penumpang yang dibatalkan yaitu 249 penerbangan domestik dan 196 penerbangan internasional," kata Sutopo dalam akun Twitternya.

Gunung Bromo juga alami peningkatan status jadi waspada, level 2!

Waduh! Gunung Bromo Mengalami Peningkatan Status Waspadahttps://twitter.com

Selain memberikan update mengenai kondisi Gunung Agung, Sutopo Kepala BNPB juga memberikan informasi terkini kondisi Gunung Bromo pada Senin (27/11/2017) sore. Menurut Sutopo, Gunung Bromo mengalami peningkatan intensitas dan status menjadi waspada.

"Gunung Bromo mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-600 m di atas puncak kawah. Tremor menerus terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm). Status Waspada (level 2)," kata Sutopo.

Tito Adam Photo Verified Writer Tito Adam

Just an ordinary person who have a big dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya