Bandara Ngurah Rai Kembali Dibuka! Gunung Agung Jadi Daya Tarik Bule

Bali aman kok! Tuh sampai ada bule yang menikmati pemandangan erupsinya

Update terkini di Bali, Bandara Ngurah Rai sudah kembali beroperasi, Rabu (29/11/2017). Hal ini disampaikan oleh akun resmi Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Kepala BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Selain itu, ternyata erupsi Gunung Agung menarik minat wisatawan. Beberapa bule yang berada di Bali mendokumentasikan kondisi Gunung Agung terkini.

1. Bandara Ngurah Rai resmi beroperasi sore ini.

Bandara Ngurah Rai Kembali Dibuka! Gunung Agung Jadi Daya Tarik Bulehttps://twitter.com

Melalui akun Twitter resminya, kini bandara Ngurah Rai sudah kembali dibuka. Pengumuman dioperasikannya lagi Bandara Ngurah Rai disampaikan siang ini dan ditandatangani oleh Yanus Suprayogi, General Manager Angkasa Pura 1, Bandara Udara I Gusti Ngurah Rai. 

Dalam pengumuman tersebut disampaikan, jika bandara telah resmi beroperasi dan melayani baik keberangkatan maupun kedatangan dari dan ke bandara. Secara resmi Bandara Ngurah Rai beroperasi mulai pukul 14.28 WITA.

Senada dengan pengumuman ini, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitternya, menyampaikan sebaran abu vulkanik Gunung Agung sedang mengarah ke selatan-tenggara. 

"Sebaran abu vulkanik Gunung Agung sedang mengarah ke selatan-tenggara. VONA diturunkan dari RED menjadi ORANGE," ujar Sutopo.

2. Ternyata keindahan erupsi Gunung Agung memancing wisata tersendiri, yaitu dokumentasi cantik!

Bandara Ngurah Rai Kembali Dibuka! Gunung Agung Jadi Daya Tarik Bulehttps://twitter.com

Menurut Sutopo, fenomena letusan gunung api merupakan sesuatu yang langka. Tidak semua negara punya gunung api. Sedangkan Indonesia punya 127 gunung api aktif dan tersebar.

"Saat meletus dapat dinikmati wisatawan di tempat aman. Turis asing terpesona letusan G.Agung. Biarkanlah gunung bekerja, kita menyingkir dulu," kata Sutopo dalam akunnya.

Turis asing menilai kesiapsiagaan masyarakat Bali dan pemerintah dalam menangani erupsi Gunung Agung cukup baik. Budaya dan gotong royong masyarakat Bali adalah kekuatan modal sosial yang luar biasa dalam menghadapi bencana.

Karena itu, wisatawan asing ternyata banyak yang ingin mendokumentasikan letusan Gunung Agung. "Yang penting semua selamat. Bali keseluruhan tetap aman. Hanya di radius 8-10 km dari puncak kawah saja yang berbahaya," tambah Sutopo.

Hal senada juga diungkap oleh fotografer asal Melbourne, Australia, Emilio Kuzma Floyd yang mengabadikan momen demi momen aktivitas erupsi gunung suci umat Hindu Bali tersebut dari titik teraman.

Dilansir dari Republika, Co-founder Institute of Code ini begitu menikmati perburuan gambar yang diunggah ke akun media sosialnya, seperti Facebook dan Instagram.

Tidak hanya Floyd. Fotografer asal Toronto, Zsuzsi Pal juga melakukan hal serupa. Ia tetap memilih bertahan dan berlibur di Bali meski kondisi Gunung Agung erupsi. Ia bahkan menikmati pemandangan Gunung Agung sembari beryoga dari hotelnya.

3. Ternyata kondisi kesehatan Kepala BNPB sempat alami drop.

Bandara Ngurah Rai Kembali Dibuka! Gunung Agung Jadi Daya Tarik Bulehttps://twitter.com

Selalu siaga dan tanggap, terlebih mengupdate informasi tentang kondisi Bali, membuat kondisi kesehatan Sutopo sempat alami drop. Dia posting foto dirinya dalam keadaan diperiksa alat kesehatan.

"Ini bukan baper dan caper. Mohon maaf rekan-rekan media belum sempat jawab wa dan angkat HP. Tadi baru diperiksa tapi pikiran tetap erupsi Gunung Agung dan siklon tropis Cempaka. Alhamdulillah sehat. Siap melayani 24/7 kembali. Merdeka !!," kata Sutopo dalam akun Twitternya.

Yuk kita doakan bersama-sama Bali tetap aman ya!

Tito Adam Photo Verified Writer Tito Adam

Just an ordinary person who have a big dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya