Kenang Masa Gus Dur dan Soekarno, PDIP dan PKB Pamer Kemesraan

Soekarno dan Gus Dur menjadi tokoh yang mendekatkan PKB dan PDIP

Jakarta, IDN Times -  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar pertemuan bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4). Pertemuan kedua partai tersebut membahas mengenai perkembangan Pilkada Jawa Timur dan juga konsolidasi koalisi untuk Pilpres 2019.

Di dalam pertemuan tersebut, rupanya PDIP dan PKB mengingat para tokoh-tokoh sebelumnya yang membuat kedua partai tersebut terlihat dekat.

1. PKB dan PDIP pamer sejarah tokoh masa lalu

Kenang Masa Gus Dur dan Soekarno, PDIP dan PKB Pamer KemesraanIDN Times/Teatrika Putri

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menjelaskan, bahwa PKB dan PDIP tadi menggelar diskusi bersama juga mengenai ideologi perjuangan dari tokoh-tokoh terdahulu seperti Bung Karno dan Gus Dur.

“Ideologi perjuangan kita adalah bagaimana gagasan-gagasan Bung Karno, gagasan Gus dmDur jadi bagian sebagai dari penyuluh jalannya bangunan pemerintahan ini,” jelas Cak Imin di Kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (10/4).

Cak Imin menerangkan, melihat dari kisah Bung Karno dan Gus Dur terdahulu, terdapat sebuah kesinambungan yang membawa PDIP dan PKB menjadi erat hingga kini.

“Soekarno bawa api Islam, jadi pijakan api-api Islam sebagai berbangsa, bernegara. Gus Dur melaksanakan pribumi Islam, sehingga Islam tak terpisahkan dalam semangat kebangsaan kita,” ungkapnya.

Baca juga: Tawarkan Cak Imin Jadi Wapres Jokowi, Sekjen PKB: Kalau Cocok Ya Alhamdulillah

 

2. Soekarno dan Gus Dur menjadi tokoh yang mendekatkan PKB dan PDIP

Kenang Masa Gus Dur dan Soekarno, PDIP dan PKB Pamer KemesraanIDN Times/Teatrika Putri

Menurutnya, dalam pembahasan kedua partai tersebut, diawali dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto yang menyebut tentang Soekarno, dan Cak Imin yang menyebut tentang Gus Dur. Melalui pembicaraan tersebut, terbentuklah suatu komunikasi untuk langkah-langkah kedua partai tersebut ke depannya.

“Kemudian kami juga diskusi tentang berbagai hal menyangkut demokrasi kami yang efisien, produktif, tidak berbiaya mahal,” terangnya.

3. Cak Imin unjuk kedekatan bersama PDIP dengan jaket merahnya

Kenang Masa Gus Dur dan Soekarno, PDIP dan PKB Pamer KemesraanIDN Times/Teatrika Putri

Sementara Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto mengatakan, jika pertemuan kedua partai tersebut juga membahas tentang perkembangan Pilkada Jawa Timur. Dan tidak hanya itu, pembahasan mereka juga mengungkit sejarah terbentuknya PKB, dimana PDIP juga mengambil andil di dalamnya.

“Kesejarahan antara PKB dan PDIP sangat kuat. Bahkan ketika PKB dibentuk juga melalui dialog yang cukup intens antara Gus Dur dan Megawati,” ucap Hasto.

Secara tidak langsung, pernyataan Hasto tersebut telah memamerkan kedekatan PKB dan PDIP sejak dulu, hingga kini. Hal tersebut juga dibuktikan oleh Cak Imin yang juga dengan sengaja memakai jaket merah saat mengunjungi makam Marhaen.

“Cak Imin memakai jaket merah kan baik, datang ke makam Pak Marhaen, kemudian Bung Karno, memakai jaket merah. Tapi ada satu yang kurang, belum ber KTA PDIP,” celetuk Hasto sambil tertawa dan diiringi tawa dari Cak Imin juga.

Baca juga: Tagar #2019GantiPresiden Dibalas Jokowi, Ini Komentar Sekjen PDIP

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya