Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-Puti

Khofifah tetap unggul dalam tingkat kesukaan

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Poltracking Indonesia menggelar survei untuk kedua pasangan calon peserta Pilkada Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti).

1. Elektabilitas Khofifah ungguli Gus Ipul

Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Poltracking membuat hasil simulai pertanyaan terbuka, apabila Khofifah dan Gus Ipul tidak berpasangan, siapakah yang lebih unggul? Hasil survei menyatakan Khofifah lebih unggul dari Gus Ipul sebesar 42,6 persen, sedangkan Gus Ipul 39,6 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, persaingan paling ketat pada Pilkada 2018 adalah Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Jawa barat dan Jawa Timur adalah wilayah yang pertarungan sangat ketat. Dan sampai saat ini cukup tipis, meskipun Khofifah unggul tipis,” kata Hanta di Hotel Sari Pan Pacific, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

2. Popularitas Khofifah lebih besar dibanding Gus Ipul

Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam presentasinya, Hanta mengatakan, tingkat popularitas dari kedua pasangan di Pilkada Jawa Timur diungguli Khofifah sebesar 85,3 persen. Untuk Gus Ipul sendiri, tingkat popularitasnya dibanding Khofifah tarpaut kecil, yakni 82,7 persen. Begitu juga pasangan keduanya.

“Untuk popularitas hampir sama cagubnya Khofifah dan Gus Ipul. Khofifah 85,3 persen dan Gus Ipul 82,7 persen. Cawagubnya Emil 44,5 persen, Puti Guntur 41,5 persen,” ungkapnya.

Baca juga: Alasan PPP Usung Khofifah Hingga Tiga Kali di Pilkada

3. Khofifah tetap unggul dalam tingkat kesukaan

Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-PutiDok. IDN Times/Istimewa

Untuk tingkat kesukaan atau akseptabilitas dari keduanya juga selisih tipis. Meski begitu, Khofifah tetap mengungguli Gus Ipul. Tingkat kesukaan dari Khofifah yaitu 76,3 persen, sedangkan Gus Ipul 74,6 persen.

Sementara, untuk cawagubnya, Emil Dardak unggul 44,9 persen, dan Puti Guntur 41 persen.

“Setelah itu tingkat kesukaan. Khofifah 76,3 persen, Syaifullah 74,6 persen. Emil 44,9 persen, Puti Guntur 41 persen,” ujar Hanta.

4. Khofifah-Emil tetap mendapatkan suara terbanyak

Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-PutiDok. IDN Times/Istimewa

Simulasi selanjutnya adalah simulasi dua pasangan calon cagub dan cawagub. Hasil survei simulasi tersebut, rupanya pasangan Khofifah-Emil tetap konsisten memimpin dibanding Gus Ipul-Puti.

Pasangan calon Khofifah-Emil tetap unggul dengan hasil survei 42,4 persen. Sedangkan untuk pasangan Gus Ipul-Puti Guntur hanya 35,8 persen.

Baca juga: PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus Ipul

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya