Survei Cyrus Network: PSI Menjadi Partai yang Paling Tidak Akan Dipilih di Masa Depan

Padahal, selalu menggadang-gadang partai kaum millenials

Jakarta, IDN Times – Lembaga survei Cyrus Network telah melakukan survei tentang persepsi publik terhadap partai politik. Survei dilakukan pada periode 27 Maret - 3 April 2018 terhadap 1.230 responden. Yang tergolong usia millenials 31,1 persen. 

Salah satu hasil dari survei tersebut menemukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ternyata tidak akan pernah dipilih oleh publik. Ini poin yang mengejutkan. Apalagi PSI menggadang-gadang partai politik yang dibentuk anak muda untuk kaum mereka. 

Penasaran dengan hasil survei lainnya? Yuk simak pemaparan Direktur Pelaksana Cyrus Network Eko Dafid Afianto.

1. PSI menjadi partai yang tidak akan pernah dipilih

Survei Cyrus Network: PSI Menjadi Partai yang Paling Tidak Akan Dipilih di Masa DepanIDN Times/Linda Juliawanti

Cyrus Network menggelar survei untuk partai yang tidak akan pernah dipilih di masa depan. Sambil membacakan hasil surveinya, Eko mengatakan jika partai yang tidak akan dipilih di masa depan adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Partai yang tidak akan dipilih di masa depan. PSI...” ujar Eko di Resto D’consulate Lounge, Jakarta Pusat pada Kamis (19/4).

Adapun hasil survei, di posisi pertama ditempati oleh PSI sebesar 9,3 persen. Kemudian disusul oleh PDI Perjuangan dengan 8,8 persen. Di bawah PDI Perjuangan ada Golkar dengan 8,0 persen, dan Garuda sebesar 5,7 persen.

Baca juga: Partai Solidaritas Indonesia Ingin Lebih Banyak Caleg Perempuan

2. Golkar dianggap sebagai parpol yang banyak korupsi

Survei Cyrus Network: PSI Menjadi Partai yang Paling Tidak Akan Dipilih di Masa DepanANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Survei pun kembali dilanjutkan dengan menanyakan partai politik manakah yang paling banyak melakukan korupsi. Rupanya, menurut hasil survei, Partai Golkar justru dianggap parpol yang paling banyak korupsinya. 

Persepsi publik terhadap partai dengan jumlah korupsi terbanyak jatuh kepada Golkar dengan presentase sebesar 24,7 persen. Lalu, disusul oleh Demokrat dengan 16,3 persen, dan PDIP sebesar 8,7 persen.

3. PPP dianggap partai yang paling dekat dengan umat Islam

Survei Cyrus Network: PSI Menjadi Partai yang Paling Tidak Akan Dipilih di Masa DepanIDN Times/Teatrika Putri

Selanjutnya, Cyrus Network juga melakukan survei persepsi publik terhadap partai politik yang dianggap paling dekat dengan umat Islam. Dalam survei ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menempati posisi pertama dengan presentase sebesar 28,3 persen.

“Partai yang dekat dengan Islam, PPP, PKB, baru PKS,” ucap Eko.

Seperti yang dikatakan Eko, posisi kedua ditempati oleh PKB sebesar 27,7 persen. Di bawahnya ada PKS dengan 12,0 persen.

4. Partai Perindo menjadi partai paling banyak uang

Survei Cyrus Network: PSI Menjadi Partai yang Paling Tidak Akan Dipilih di Masa DepanANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Survei unik lainnya adalah tentang persepsi publik mengenai partai politik yang paling banyak memiliki modal untuk Pemilu 2019. Untuk survei ini, diposisi pertama ditempati oleh Partai Perindo. Partai Perindo menduduki peringkat teratas dengan presentase sebesar 21,2 persen. Disusul oleh PDI Perjuangan di bawahnya dengan 17,8 persen, dan Golkar dengan 12,6 persen.

Baca juga: Mengenal Perindo, Partai Baru Peserta Pemilu 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya