Survei Cyrus Network: Prabowo Masih Jadi Pesaing Terkuat Jokowi

Tapi elektabilitas Jokowi jauh di atas Prabowo

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Cyrus Network telah melakukan survei untuk melihat peta politik Pilpres 2019. Cyrus Network melakukan simulasi terhadap calon presiden yang akan bertarung pada Pilpres mendatang. 

Menurut hasil survei yang dipresentasikan Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto menunjukkan, Jokowi tetap unggul di antara calon lainnya. Sedangkan, Prabowo Subianto masih menjadi pesaing ketat Jokowi di urutan kedua.

1. Jokowi masih unggul dalam popularitas dan elektabilitas

Survei Cyrus Network: Prabowo Masih Jadi Pesaing Terkuat JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Survei Cyrus Network menyebutkan, Jokowi masih unggul dalam popularitas dan juga elektabilitas dibandingkan calon lainnya. Dalam popularitas, posisi Jokowi berada di urutan pertama dengan jumlah persentase 96,8 persen. Dilanjutkan dengan posisi kedua, yaitu Jusuf Kalla dengan persentase 95,0 persen. 

Sedangkan untuk elektabilitas, Jokowi masih tetap unggul dengan persentase 90,3 persen. Posisi kedua masih dipegang Jusuf Kalla 88,0 persen, disusul Prabowo di urutan ketiga yakni 82,9 persen. Kemudian di bawahnya Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: Duet Jokowi-Prabowo Sulit Terwujud, Ini Alasannya

2. Prabowo masih menjadi pesaing terkuat Jokowi

Survei Cyrus Network: Prabowo Masih Jadi Pesaing Terkuat JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Cyrus Network pun membuat survei pemilihan presiden, apabila dilakukan hari ini. Melalui hasil survei tersebut, Jokowi tetap unggul dibandingkan calon presiden lainnya. Jokowi menempati posisi pertama dengan hasil survei 58,5 persen, dan di urutan kedua ada Prabowo dengan 21,8 persen.

Melalui hasil survei tersebut, Eko memberikan kesimpulan sementara bahwa kompetitor terkuat Jokowi saat ini hanyalah Prabowo.

“Meskipun jaraknya lumayan jauh, tetapi kesimpulan sementara ini, Prabowo Subianto adalah kompetitor terkuat dari Jokowi saat ini. Hanya Prabowo Subianto. Sisanya kecil-kecil,” ucap dia.

3. Jokowi tetap unggul dari simulasi lima nama

Survei Cyrus Network: Prabowo Masih Jadi Pesaing Terkuat JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Cyrus Network kembali membuat simulasi dengan lima nama capres. Simulasi tersebut terdiri dari Jokowi, Prabowo, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dengan mengerucutkan menjadi lima nama, rupanya Jokowi tetap unggul di posisi pertama dengan persentase sebesar 60,7 persen.

Prabowo menempati posisi kedua dengan 24,1 persen. Sementara posisi ketiga ada Gatot Nurmantyo dengan hasil persentase 4,7 persen, disusul Anies Baswedan 2,6 persen, dan AHY 2,5 persen.

Baca juga: Median Rilis Tiga Nama Cawapres yang Paling Cocok Dampingi Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya