Soal Pendamping Jokowi di Pilpres 2019, Puan: Sudah Ada yang Cocok

Pendampingnya harus bisa mendongkrak suara

Denpasar, IDN Times – Joko "Jokowi" Widodo kembali diusung PDIP untuk maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada 2019 mendatang. Namun belum jelas siapa yang akan mendampinginya dalam pemilihan nanti.

1. PDIP sudah memegang nama pendamping Jokowi

Soal Pendamping Jokowi di Pilpres 2019, Puan: Sudah Ada yang Cocok Dok IDN Times/PDIP

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (BPMKI) Puan Maharani menyampaikan bahwa saat ini PDI Perjuangan telah mengantongi beberapa nama untuk dijadikan calon wakil presiden mendampingi Jokowi.

“Kriterianya sudah ada dan kemudian orang-orangnya pun saya rasa sudah ada, hanya kemudian ya tinggal kami matangkan,” kata Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2).

Berkaitan pengumuman siapakah calon wakil presiden yang akan berpasangan dengan Jokowi, Puan menjelaskan jika akan ada waktunya nanti dan hal tersebut merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: PDI Perjuangan Resmi Usung Jokowi Jadi Capres Pada Pemilu 2019

2. Cawapres yang bisa menambah suara

Soal Pendamping Jokowi di Pilpres 2019, Puan: Sudah Ada yang Cocok Dok IDN Times/PDIP

Puan memaparkan jika nama-nama yang masuk ke dalam bursa cawapres untuk Jokowi, meski belum bisa dipublikasikan, namun sudah ada beberapa nama yang cocok. Dan nama-nama tersebut nanti akan ditinjau kembali apakah bisa menguatkan Jokowi di Pilpres 2019 atau tidak.

“Kami lihat dulu bagaimana kemudian bisa menguatkan capresnya, apakah nantinya bisa menambah suara dan lain-lain,” terang Puan.

3. Jokowi akan bicarakan kembali soal cawapres

Soal Pendamping Jokowi di Pilpres 2019, Puan: Sudah Ada yang Cocok Dok IDN Times/PDIP

Sedangkan Presiden Jokowi sendiri, ketika ditanyai mengenai siapakah sosok yang akan mendampinginya, hanya menjawabnya dengan gurauan.

“Oh calon pendamping. Namanya adalah saya sebutkan sekarang Ibu Ana (Iriana)...,” canda Jokowi sambil tertawa kepada awak media di Pura Dalem Sakenan, Denpasar, Bali, Jumat (23/2).

Presiden Jokowi melanjutkan, mengenai kriteria, perjalanannya masih panjang.

“Mengenai kriteria, mengenai wapres, itu akan dibicarakan bersama-sama nantinya dengan seluruh partai pendukung. Akan kami bicarakan,” jelas Jokowi. 

Baca juga: Ini Kriteria Cawapres yang Dicari Jokowi Dalam Pemilu 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya