Setelah Reses, Komisi III Akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Mako Brimob

Harus ada peninjauan dan evaluasi dari sistem pengamanannya

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu buka suara mengenai kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5) malam. Masinton mengatakan Komisi III akan secara spesifik meninjau langsung ke Mako Brimob, jika masa reses sudah selesai.

1. Percayakan kepada kepolisian

Setelah Reses, Komisi III Akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Masinton menjelaskan, kejadian ricuh di Mako Brimob sudah terjadi kedua kalinya, dan melibatkan tahanan kasus terorisme. Menurutnya, terkait kericuhan yang sudah terjadi dua kali ini, harus ada peninjauan dan evaluasi dari sistem pengamanannya.

Baca juga: Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Korban Mako Brimob Berdarah di Rumah Duka

“Baik itu petugas, kemudian juga para tahanan yang ditempatkan di Mako Brimob, agar peristiwa yang sama tidak terulang,” jelas Masinton di Gedung DPR RI, Rabu (9/5).

2. Komisi III akan lakukan kunjungan ke Mako Brimob usai reses

Setelah Reses, Komisi III Akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Masinton menyampaikan, terkait penyelesaian di Mako Brimob, serahkan segalanya kepada kepolisian. Dan ia juga mengungkapkan jika Komisi III DPR RI akan lalukan kunjungan ke Mako Brimob untuk mengevaluasi.

“Setelah masa reses ini juga nanti kami dan teman-teman di komisi, akan ada rencana untuk melakukan kunjungan spesifik ke Mako Brimob Kelapa Dua,” kata Masinton.

3. Komunikasi buruk dan aturan yang tidak dipatuhi menjadi pemicu konflik

Setelah Reses, Komisi III Akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Masinton juga menduga, adanya komunikasi yang tidak terjalin baik dan aturan rutan yang tidak dipatuhi, menjadi pemicu kerusuhan di Mako Brimob. Ia pun mengaharapkan agar Polri segera mengurai jelas penyebab dari kedua peristiwa kericuhan tersebut.

“Nah yang kita harapkan, nanti ini bisa diurai jelas dari dua peritiwa. Dari bulan November lalu, dan sekarang dalam rentang enam bulan ini. Supaya perstiwa yang sama tidak terulang kembali di Mako Brimob tersebut,” ujar dia.

4. Tahanan terorisme akan dipikirkan untuk dipindahkan

Setelah Reses, Komisi III Akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Mengenai pemindahan tahanan terorisme, Masinton menyebut bahwa akan dipikirkan opsi-opsi untuk memindahkan para tahanan teroris tersebut. Ia pun menyarankan, jika perlu para tahanan terorisme dipindah ke pulau tertentu dengan pengamanan yang sangat tinggi.

“Iya bisa nanti dipikirkn opsi-opsi berikutnya, apa ditaruh di pulau mana, tentu dengan pengamanan tingkat security-nya lebih tinggi, karena ini adalah narapidana terorisme kategori kejahatan luar biasa. Penangangan harus luar biasa,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Diminta Evaluasi Penjara Napi Teroris Pasca-Insiden Mako Brimob Berdarah

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya