Sering Dicaci Netizen, Ini Curhat Setya Novanto di Pengadilan

Novanto berharap publik tak lagi mencapnya sebagai koruptor

Jakarta, IDN Times – Sejak namanya disebut sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek KTP Elektronik, semua pandangan langsung tertuju ke Setya Novanto. Publik seolah bertepuk tangan, karena mantan Ketua DPR itu kerap disebut dalam berbagai kasus korupsi, tapi selalu lolos.

Tak heran publik menjulukinya bak belut. Bahkan, julukan "Papa Sakti" pernah disematkan kepada pria berusia 62 tahun itu. 

Parahnya, dalam pengusutan kasus yang melibatkan namanya, Novanto justru membuat banyak drama. Dimulai dari tabrakan tiang lampu, mengalami luka benjolan sebesar bakpau hingga drama sakit saat pembacaan dakwaan di sidang perdana. Alhasil, warga net beramai-ramai mencaci Novanto. 

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu pun mengaku keberatan kerap dicaci warga net. Oleh sebab itu, di ruang sidang, ia sekaligus memanfaatkan momen tersebut untuk mengenalkan sisi lain dari seorang Setya Novanto. 

Apa saja curhat Novanto untuk mengubah persepsi publik agar tidak lagi terlalu negatif?

1. Novanto cerita jatuh bangun membangun karier di Jakarta

Sering Dicaci Netizen, Ini Curhat Setya Novanto di PengadilanANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Novanto yang saat ini memang terlihat sebagai pejabat dan konglomerat. Tapi, kata Novanto, publik tidak tahu kalau itu semua diraih dengan kerja keras. Novanto mengaku tidak terlahir dari keluarga kaya raya. 

Ia pun bercerita bagaimana sulitnya bagi seorang pria yang sempat hidup di Surabaya, lalu hijrah ke kota metropolitan seperti Jakarta. 

“Saya menceritakan ini bukan untuk pamrih atau membanggakan diri, tapi hanya berharap ada sebagian masyarakat yang sedikit membuka mata untuk melihat sisi lain diri saya, sehingga tidak terus menerus mencaci saya dengan begitu kejamnya,” ujar Novanto di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (13/4).

Baca juga: Lima Harapan Setya Novanto: Divonis Ringan Hingga Hak Politik Gak Dicabut

2. Dicap sebagai koruptor oleh rakyat Indonesia

Sering Dicaci Netizen, Ini Curhat Setya Novanto di PengadilanANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Setelah bercerita tentang pengabdian panjangnya selama berkarier, Novanto mengaku hingga saat ini, ia masih tidak percaya masih menghuni penjara. 

“Sungguh menyakitkan kalau pengabdian panjang tanpa kenal lelah harus berakhir tragis di jeruji besi tanpa tahu kesalahan apa yang telah saya perbuat,” kata Novanto dengan nada yang tertatih.

“Cap koruptor, pencuri uang rakyat yang diberikan oleh rakyat Indonesia kepada saya selalu menempel pada diri saya, bahkan sebelum persidangan dimulai,” katanya lagi. 

3. Novanto meminta maaf kepada rakyat Indonesia

Sering Dicaci Netizen, Ini Curhat Setya Novanto di PengadilanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam penghujung pembacaan pledoinya, Novanto pun melontarkan permohonan maafnya kepada rakyat Indonesia, seluruh jajaran DPR RI, dan Partai Golkar.

“Kepada seluruh Rakyat Indonesia di manapun berada. Kepada bangsa dan negara, kepada pemerintah Republik Indonesia saya meminta maaf. Apabila saya dianggap gagal dan tidak bisa menuntaskan amanah yang saya emban selaku Ketua DPR RI,” tutur Novanto dengan menahan tangis.

“Saya menyesal telah ikut terseret pada persoalan hukum ini dan untuk itu saya memohon maaf atas kekhilafan saya khususnya kepada negara dan konstituen saya di Nusa Tenggara Timur (NTT),” katanya lagi. 

Baca juga: Lagi-Lagi, Setya Novanto Bantah Ikut Campur Dalam Penganggaran e-KTP

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya