Pimpinan DPR Minta Komisi III Lakukan Evaluasi terkait Sejumlah Kericuhan di Mako Brimob

Supaya peristiwa serupa tak terulang

Jakarta, IDN Times – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menanggapi kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, yang terjadi pada Selasa (9/5) malam. Kembali terjadi kericuhan di Mako Brimob, Agus pun mengungkapkan bahwa pimpinan DPR akan segera meminta Komisi III untuk melakukan evaluasi terkait keamanan di sana.

1. Serahkan permasalahan terhadap Polri

Pimpinan DPR Minta Komisi III Lakukan Evaluasi terkait Sejumlah Kericuhan di Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Agus mengatakan, terkait dengan kericuhan yang terjadi di Mako Brimob semalam. Ia pun menyerahkan segalanya kepada pihak kepolisian. 

“Memang sedikit ada permasalahan antara tahanan dengan pihak dari kepolisian. Dan ini sedang dalam masalah penyelesaiannya. Untuk itu, kita serahkan sepenuhnya kepada polisi untuk menindaklanjuti ini,” ujar Agus di Gedung DPR RI, Rabu (9/5).

Baca juga: Bentrokan di Mako Brimob: Lima Polisi Tewas, Satu Masih Disandera

2. Komisi III akan diminta lakukan evaluasi 

Pimpinan DPR Minta Komisi III Lakukan Evaluasi terkait Sejumlah Kericuhan di Mako BrimobIDN Times/Teatrika Putri

Agus menyampaikan, ke depan permasalah kericuhan di Mako Brimob jangan sampai terjadi lagi. Oleh karena itu, pimpinan DPR akan segera meminta Komisi III untuk melakukan evaluasi terhadap permasalahan tersebut setelah masa reses berakhir.

“Tentunya kami juga sampaikan kepada komisi III, untuk membahas secara detail masalah ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, supaya hal ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Agus.

3. Pengawasan keamanan harus diperkuat

Pimpinan DPR Minta Komisi III Lakukan Evaluasi terkait Sejumlah Kericuhan di Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Evaluasi yang dimaksud oleh Agus adalah evaluasi menyeluruh. Seperti evaluasi mengenai pengawasan, fasilitas, dan infrastrukturnya.

“Evaluasi itu tentunya harus melibatkan secara seluruhnya, selama hal ini tidak boleh terjadi hal-hal seperti ini lagi. Untuk itu diperlukan evaluasi secara menyeluruh dan juga perlu diadakan langkah-langkah tindak lanjut,” kata Agus.

Menurutnya, memang masalah pengawasan ini harus semakin diperkuat lagi.

“Tapi menurut kami, yang jelas ini pengawasannya harus diperkuat. Pengawasan diperkuat itu bisa saja personelnya, bisa saja infrastrukturnya dan lain-lain,” jelasnya. 

Baca juga: 6 Jenazah Korban Kerusuhan Mako Brimob Selesai Diotopsi Sore Ini

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya