Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping Jokowi

Beberapa nama sudah mulai bermunculan, siapa saja ya?

Denpasar, IDN Times – Setelah resmi mengusung Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk kembali maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019, kini PDI Perjuangan mencari calon yang akan mendampingi Jokowi. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (BPMKI) Puan Maharani yang juga politikus PDI Perjuangan, mengatakan partainya saat ini sudah mengantongi beberapa nama calon pendamping Jokowi.

1. Ada lebih dari satu nama

Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping JokowiIDN Times/Fitang Adhitia

Puan mengatakan ada lebih dari satu nama yang memenuhi kriteri dari PDI Perjuangan untuk menjadi cawapres Jokowi. Nama-nama yang diincar, kata Puan, berasal dari internal partai maupun eksternal.

“Partai PDIP punya kader internal yang masuk dalam bursa, juga melihat nama-nama dari eksternal, seideologi, sepemahaman, dan bisa menambah suara pada Pilpres yang akan datang,” kata Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Minggu (25/2).

Baca juga: Sambil Mengacungkan Salam Metal, Megawati Menutup Rakernas III PDIP

2. Masih mematangkan nama-nama cawapres

Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping JokowiANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Puan mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah membicarakan pendamping yang cocok untuk Jokowi.

“Kami punya nama-nama yang sudah punya kapabilitas yang cukup, tapi kembali lagi itu dimatangkan dan diputuskan Ibu Ketua Umum,” jelasnya.

3. Kader muda juga diusulkan

Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping JokowiANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Tidak hanya tokoh-tokoh yang memiliki pengalaman cukup lama, Puan mengatakan kader-kader muda PDIP juga bisa masuk ke dalam bursa cawapres Jokowi.

“PDIP kan banyak kader muda yang kami usulkan di Pilkada, selama punya kapasitas, punya pengalaman dan sudah menjadi kader PDIP minimal 5 tahun, kami akan dorong,” ujar Puan. 

4. PDI Perjuangan tidak ingin tergesa-gesa

Pilpres 2019: PDIP Tak Ingin Tergesa-gesa Menetapkan Pendamping JokowiANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Puan mengatakan PDIP tak ingin tergesa-gesa menentukan calon wakil presiden untuk Jokowi. Sebab masih banyak waktu sebelum pendaftaran Capres dan Cawapres 2019.

“Komunikasi politik ini harus dibangun dan bagaimana kemudian nanti, apakah yang bersangkutan dari calon-calon itu  kemudian memang cocok untuk dipasangkan dengan capresnya,” kata dia.

Baca juga: Begini Pendapat Kader PDIP tentang Majunya Jokowi di Pilpres 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya