Pilpres 2019: PAN Lakukan Survei Internal untuk Tentukan Sikap Politik

Sejauh ini PAN masih belum tahu mau ke mana

Jakarta, IDN Times – Partai Amanat Nasional (PAN) masih belum menentukan sikap politiknya. Sempat dikabarkan tergabung dalam poros ketiga, kini PAN kembali dikabarkan memberi sinyal merapat kepada Jokowi. 

Digadang tak punya sikap yang jelas, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengungkapkan jika saat ini partainya tersebut tengah melakukan survei untuk tentukan sikap politik mereka ke depan.

1. PAN lakukan survei internal untuk melihat arah partai ke mana

Pilpres 2019: PAN Lakukan Survei Internal untuk Tentukan Sikap PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

PAN yang belum menentukan sikap apakah akan bergabung dalam poros Jokowi, Prabowo, atau bahkan membentuk poros baru, dikatakan oleh Hanafi, PAN masih melakukan survei internal. Melalui survei tersebut, maka nanti akan terlihat PAN lebih condong ke arah yang mana.

“Kalau kita ingin tahu lebih dalam condongnya ke mana, tentu kami sebaiknya berbasis survei secara internal. Dan kami memang akan menggelar survei secara internal,” kata Hanafi di Gedung DPR RI, Senin (9/4).

Survei internal tersebut, lanjutnya, melibatkan pengurus partai, kader, dan juga simpatisan yang terukur serta jelas. Sehingga, ia tidak bisa nenentukan sekarang partainya condong ke mana, karena jawabannya bisa subjektif.

“Tapi nanti secara internal kita gelar survei, sebaiknya nanti mengarah kepada siapa dan koalisi dengan partai apa,” tambah dia.

Baca juga: Ketum PAN Beri Isyarat Merapat Ke Jokowi, Hanafi Anggap Bukan Keputusan Partai


2. Keputusan resmi ada di Rakernas

Pilpres 2019: PAN Lakukan Survei Internal untuk Tentukan Sikap PolitikIDN Times/Istimewa

Setelah PAN lakukan survei internal, Hanafi menjelaskan bahwa keputusan resminya akan ada di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar oleh PAN dalam waktu dekat ini. Hingga belum ada keputusan resminya, sikap pribadi tokoh-tokoh PAN dalam memilih, dianggapnya hal yang biasa dan wajar.

“Kami tidak bisa membatasi itu karena itu memang hak asasi, hak politik masing-masing orang. Tapi bahwa kemudian nanti sikap lembaga resmi secara partai, itu nanti akan disampikan dalam Rapat Kerja Nasional,” ucapnya.

3. PAN terus mendorong Zulkifli menjadi capres atau cawapres

Pilpres 2019: PAN Lakukan Survei Internal untuk Tentukan Sikap PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terlepas dari belum tentukan sikap politiknya, Hanafi mengaku jika PAN tetap mendorong agar kader unggulan mereka, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, bisa menjadi capres ataupun cawapres. Hanafi bahkan optimis bahwa elektabilitas Zulkifli akan terus meningkat 

“Banyak juga yang elektabilitasnya rendah, tetapi ketika sudah dinyatakan resmi kan malah langsung jadi pemenang. Jadi kami masih punya zona yang baik, yang positif mengenai ini,” terang Hanafi.

Baca juga: Bentuk Poros Ketiga, PAN Dorong Zulkifli Hasan Maju Pilpres 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya