DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Hari Ini

Komisi I DPR jarang menolak calon Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan fit and proper test akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB. Pada 45 menit pertama, anggota Dewan akan memeriksa administrasi dan menguji sejumlah item.

“Mulai 10.45 kita akan melaksanakan fit and proper test dan setelah itu kita akan rapat tertutup untuk kemudian memutuskan menolak atau menyetujui,” kata TB Hasanuddin, di Gedung Komisi I DPR RI, Selasa 5 Desember 2017.

DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Hari Inijawapos.com

Hasanuddin menjelaskan, akan ada banyak hal yang ditanyakan kepada calon Panglima TNI. Termasuk seputar Rencana Strategi (Renstra) pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Kemudian juga program-program TNI ke depan. 

Baca juga: Calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Diharapkan Netral Politik

Pelaksanaan rapat terbuka tersebut, kata dia, hanya seputar pemaparan visi dan misi. Apabila sudah memasuki pendalaman, rapat akan dilaksanakan secara tertutup karena ada banyak hal yang sifatnya rahasia.

“Selama ini berdasarkan pengalaman, pada prinsipnya Komisi I tidak pernah menolak. Karena apa? Toh itu adalah pilihan terbaik dan persyaratan itu sudah terpenuhi,” kata Hasan.

Pemilihan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI adalah hak perogratif atau atas usulan Presiden. Jika Komisi I DPR menolak, Presiden berhak mengajukan calon lainnya. 

Baca juga: Ini Perbandingan Harta Kekayaan Jenderal Gatot dengan Calon Panglima TNI Marsekal Hadi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya