Besok PDIP Bertemu PKB, Bahas Koalisi Jokowi?

Lobi-lobi politik semakin gencar, nih!

Jakarta, IDN Times – Menjelang pendaftaran capres dan cawapres Pilpres 2019, sejumlah partai politik mulai gencar melobi partai lain untuk membangun koalisi. Salah satunya PDI Perjuangan (PDIP). 

Partai berlambang banteng ini dikabarkan tengah melirik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dalam waktu dekat, petinggi kedua partai ini dijadwalkan akan bertemu. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. 

1. Pertemuan PDIP dan PKB digelar Selasa

Besok PDIP Bertemu PKB, Bahas Koalisi Jokowi?IDN Times/Linda Juliawanti

Hasto mengatakan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin akan segera besok, Selasa (10/4), di Kantor DPP PKB.

“Kami membahas tentang narasi kepemimpinan ke depan, kepemimpinan untuk rakyat, sehingga hari Selasa pun kami akan berkunjung ke Kantor PKB,” jelas Hasto di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (8/4).

Baca juga: PDIP Akan Mendorong Pertemuan Puan Maharani dan Prabowo Subianto

2. PKB dinilai konsisten dukung Jokowi

Besok PDIP Bertemu PKB, Bahas Koalisi Jokowi?IDN Times/Ahmad Mustaqim

Saat ditanya apakah PDIP akan melobi PKB untuk merapat ke koalisi Jokowi, Hasto enggan memberikan detail. Ia hanya menyampaikan bahwa keduanya akan membicarakan Pilkada Jawa Timur dan masalah kebangsaan.

“Cak Imin bagaimanapun adalah Ketum dari partai yang secara konsisten mendapat kepercayaan rakyat, sehingga kekuatan dari PKB yang memberikan dukungan kepada Pak Jokowi, konsistensi dari PKB itu yang diapresiasi oleh PDIP,” terangnya.

3. PDIP dan partai koalisi lakukan pembagian tugas

Besok PDIP Bertemu PKB, Bahas Koalisi Jokowi?IDN Times/Linda Juliawanti

Tidak hanya menjajaki PKB, Hasto menerangkan PDIP juga terus membangun komunikasi dengan partai koalisinya. Bahkan di antara beberapa partai koalisi tersebut, telah dibagi penugasan.

“Ya kita sama-sama seperti dengan Ketum Golkar Airlangga, kami bersama Pak Romi (PPP), Pak Surya Paloh (Nasdem) kemudian dengan Bang Oso (Hanura), kami sering berdialog sehingga kami membagi tugas bagaikan satu skuadron untuk rakyat,” ujarnya.

Baca juga: Ganjar Dilaporkan ke Polisi Karena Puisi, PDIP Tidak Akan Membalas

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya