Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  

Masih dibahas mau koalisi atau tidak

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih belum menentukan apakah akan berkoalisi atau tidak di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur.  

Hal ini terbilang penting, mengingat batas akhir pendaftaran para calon yang akan diusung oleh partai politik (Parpol) sudah dekat.  

Baca juga: Maju di Pilkada Jawa Timur Tanpa Restu, PDIP Pecat Emil Dardak

1. Masih melakukan evaluasi

Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  eddysoeparno.com

Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan, tiga partai tersebut tengah melakukan evaluasi. Baik di tingkat internal maupun eksternal. 

“Belum, kita belum lihat itu. Kita masih mempelajari satu sama lain. Masih terlalu dini bagi saya mengonfirmasi apapun sekarang,” kata Eddy saat dihubungi oleh IDN Times, Selasa (26/12).

2. Menunggu pembahasan

Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  viva.co.id

Hal senada juga diungkapkan oleh Ferry Juliantono, Wakil Ketua DPP Partai Gerindra yang mengatakan belum ada keputusan lebih lanjut lagi mengenai Pilkada Jatim.

“Kemarin diputuskan kita berkoalisi tapi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. Baru itu saja. Nah untuk Pilkada Jawa Timur (Jatim) masih ditunda pembahasannya hingga 3 Januari 2018 mendatang,” jelas Ferry.

3. Belum ada kata sepakat

Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  kedaipena.com

Ditunda koalisi partai tersebut, jelas Ferry Juliantono, lebih disebabkan belum adanya kata sepakat di antara tiga parpol tersebut. 

“Masih belum menemukan satu kesepakatan di antara 3 partai ini. Ya biasalah,” ujar Ferry.

Sementara itu, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan belum ada kesepakatan untuk Jawa Timur. "Ada beberapa yang pending, misalnya Jawa Timur," kata Sohibul Iman. 

Sohibul mengatakan, secepatnya PKS bersama Gerindra dan PAN akan menentukan sikap, sebelum pendaftaran calon Pilkada serentak ditutup. 

“Insya Allah setelah tahun baru kita akan punya kesimpulan terkait Jawa Timur,” kata Sohibul.

4. Dukungan untuk Moreno-Suyoto belum diputuskan

Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  ANTARA FOTO/Moch Asim

Sebelumnya disebut-sebut Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengusung Bupati Bojonegoro, Suyoto untuk maju di Pilkada Jawa Timur. Namun Eddy Soeparno mengaku belum bisa memberikan konfirmasi terkait akan mengusung atau tidak.
 
“Sekarang gini, kita masih mempelajari. Saya tidak bisa mengkonfirmasi apapun sekarang,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ferry Juliantono yang mengatakan belum ada keputusan. 
“Soal itu, belum diputuskan. Tapi memang Partai Gerindra ada usulan terhadap wacana Moreno dan Suyoto. Namun karena belum selesai dibahas, jadi belum ada keputusannya,” ujar Ferry.

Baca juga: Khofifah Maju di Pilkada Jawa Timur, Surya Paloh: Lebih Baik Mundur dari Menteri

Topik:

Berita Terkini Lainnya