PDIP Dapat Jatah Kursi Pimpinan DPR, Ini Kriteria Kandidatnya

Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama calonnya

Jakarta, IDN Times – Rapat Kerja Badan Legislasi (Baleg) bersama Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) yang digelar pada Rabu (7/2) malam menyepakati penambahan kursi pimpinan Parlemen.  

Dengan kesepakatan ini, maka kursi pimpinan DPR dan DPD akan bertambah satu dan kursi pimpinan MPR akan bertambah tiga. Fraksi PDI Perjuangan adalah fraksi yang paling diuntungkan dalam kesepakatan ini, sebab mereka mendapatkan dua kursi baru, yakni satu kursi pimpinan DPR dan satu kursi pimpinan MPR.

Jatah dua kursi tambahan untuk PDIP di jajaran pimpinan parlemen ini karena partai berlambang banteng tersebut adalah pemenang pemilu 2014. Kini, setelah penambahan kursi pimpinan disepakati, PDIP pun sibuk mencari kanddiat yang tepat untuk mengisi dua kursi baru mereka.

1. Sosok dengan track record yang baik

PDIP Dapat Jatah Kursi Pimpinan DPR, Ini Kriteria KandidatnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Anggota Komisi VII fraksi PDIP Bambang Wuryanto menyebut bahwa kriteria yang dicari oleh Ketua Umum PDIP Megawati adalah sosok yang memiliki track record yang baik.

“Itu di DPP dan Ibu Ketua Umum, beliau punya ukuran tetapi ukuran umum itu track record, kalau track recordnya itu belum tiba-tiba meluncur itu kan susah buat menjadi anggota fraksi di sini (PDIP),” kata Bambang di Fraksi PDIP, Gedung DPR RI, Kamis (8/2).

Lanjutnya, untuk menjadi Ketua Fraksi saja harus menjadi wakil terlebih dahulu selama beberapa tahun, baru diangkat menjadi ketua. Sehingga, menurut Bambang, Megawati dan DPP akan melihat track record siapa kandidat yang tepat untuk mengisi kursi wakil ketua DPR dan MPR.

“Di politik itu ukuran track record menjadi sangat penting karena jejak rekam akan memunculkan tiga hal,” ujarnya. Ketiga hal tersebut adalah integritas, kapasitas, dan juga leadership.

Baca juga: Baleg Sepakat Menambah Kursi Pimpinan DPR dan MPR

2. Megawati sudah mengantongi nama

PDIP Dapat Jatah Kursi Pimpinan DPR, Ini Kriteria KandidatnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait dengan penambahan kursi di pimpinan DPR dan MPR, ungkap Bambang, Megawati tentunya sudah memiliki nama kandidat di sakunya.

“Sudah pasti, Ibu Ketum sudah paham betul kelakuan anak-anaknya, sudah ngerti dari atas sampe bawah, hanya ibu sering tidak ngomong aja. Ibu sangat paham anak-anaknya,” jelasnya.

3. Nama kandidat dari Utut hingga Eriko

PDIP Dapat Jatah Kursi Pimpinan DPR, Ini Kriteria KandidatnyaANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Bambang pun menuturkan beberapa kandidat yang cocok untuk mengisi posisi wakil ketua DPR dan MPR. Beberapa nama yang disebutnya adalah Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto. “Pak Utut Adianto ketua fraksi, sama-sama kita pahami, kami saling kenal,” tutur Bambang.

Selanjutnya, Bambang pun menyebutkan beberapa nama lagi, seperti Tri Medya Panjaitan, Mindo Sianipar, dan Eriko Sotarduga. 

Baca juga: 2 Fraksi Tolak Penambahan Kursi Pimpinan Parlemen, Ini Alasannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya