Meski Mandiri, KPU Tetap Butuh Dukungan dari Berbagai Pihak

Seorang mantan komisioner KPU bilang lembaga itu butuh ruang gerak

Jakarta, IDN Times – Akibat kegaduhan yang terjadi selepas putusan MK, Komisi Pemilihan Umun (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu, mendapatkan tekanan dari berbagai pihak.

Komisioner KPU periode 2012-2017 Hadar Nafis Gumay mengatakan, walaupun KPU adalah lembaga mandiri, namun harusnya Pemerintah dan lainnya selalu mendukung keputusan KPU, bukannya memberikan tekanan terhadap KPU.

“Kami adalah lembaga mandiri, menurut kami harusnya verifikasi faktual dilaksanakan seperti ini. Semua pihak harus mendukung itu, Pemerintah dukung biaya, DPR dukung biaya. Dan semua harus mengikuti,” ujar Hadar pada sebuah diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Januari 2018.

1. KPU seharusnya diberikan waktu lebih untuk verifikasi

Meski Mandiri, KPU Tetap Butuh Dukungan dari Berbagai PihakIDN Times/Teatrika Putri

Terkait masalah verifikasi partai politik yang akan dilakukan oleh KPU, Hadar mengatakan KPU semestinya diberikan waktu lebih untuk melakukan verifikasi. Karena putusan mengenai batas akhir verifikasi partai politik pada tanggal 17 Februari itu adalah untuk 4 partai politik baru yang kemarin tengah dilakukan verifikasi.

“17 Februari selesai itu untuk 4 parpol yang sekarang sedang menjalankan verifikasi faktual. Untuk yang 12 tidak. Harus dibuat jalur sendiri yang sama. Supaya putusan MK itu kan kesetaraan, harus sama,” terang Hadar.

Menurutnya, verifikasi 12 partai politik tersebut harus diberikan tenggang waktu yang sama juga, sehingga lebih bisa menjamin kualitas dari proses verifikasi tersebut.

Baca juga: KPU Sampaikan 5 Perubahan PKPU Terkait Verifikasi Parpol

2. Waktu verifikasi pendek, risiko hasil tidak maksimal

Meski Mandiri, KPU Tetap Butuh Dukungan dari Berbagai PihakANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hadar menyampaikan jika verifikasi dengan waktu pendek bisa mengakibatkan hasil verifikasi cenderung tidak maksimal, dibandingkan dengan waktu yang lebih panjang untuk mmendapatkan hasil yang maksimal.

“Kalau waktu pendek ala kadarnya. Tadi mereka bilang sendiri kok, yang abal-abal akan lolos semua,” kata Hadar.

Menurutnya, persoalannya saat ini bukan tidak adanya waktu, masih ada waktu apabila Pemerintah dan DPR mendukung penuh dan membenahi.

3. Banyak tekanan, KPU butuh ruang gerak

Meski Mandiri, KPU Tetap Butuh Dukungan dari Berbagai PihakANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Hadar menjelaskan saat ini KPU tengah mendapatkan banyak tekanan dari banyak pihak, sehingga KPU sulit untuk mengambil keputusan-keputusan yang diyakini.

“Saya sebetulnya percaya dengan KPU. Karena saya tahu mereka. Tapi memang tekanan begitu berat diberikan kepada mereka. Di situ kadang-kadang mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan yang betul-betul sesuai dengan apa yang mereka yakini,” ujar Hadar.

Namun tekanannya seperti apa, Hadar mengaku tidak tahu-menahu akan hal itu.

Baca juga: Lakukan Verifikasi Parpol, Mendagri: Tak Ada Dana Tambahan untuk KPU

Topik:

Berita Terkini Lainnya