Koalisi Jokowi Lebih Besar, Gerindra: Kami Tidak Takut

Dalam sejarah politik Indonesia koalisi kecil bisa menang

Jakarta, IDN Times – Partai Gerindra yang hingga kini belum mendeklarasikan Prabowo sebagai calon presiden di 2019 nanti, tampaknya tetap memiliki strategi sendiri untuk kemenangan mereka dalam Pemilu mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, bahwa target Gerindra hanyalah memenangkan Pemilu.

1. Muzani tetap optimistis Gerindra berjaya, menanglah pokoknya!

Koalisi Jokowi Lebih Besar, Gerindra: Kami Tidak TakutIDN Times/Teatrika Putri

Muzani menyampaikan, target Gerindra untuk Pemilu 2019 hanyalah memenangkan legislatif maupun eksekutif. Dengan target memenangkan Pemilu tersebut, Muzani mengatakan jika Gerindra harus memiliki persiapan yang lebih matang untuk menentukan langkah-langkah ke depannya.

“Menanglah pokoknya,” kata Muzani di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (5/4), saat ditanya angka elektoral yang ingin didapatkan Gerindra.

Baca juga: Pilpres 2019: Gerindra Bentuk Sentra Pandu, Siap Kawal Prabowo

2. Gerindra tak khawatir banyak partai merapat ke Jokowi

Koalisi Jokowi Lebih Besar, Gerindra: Kami Tidak TakutANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Masih belum mendapatkan dukungan dari partai lainnya lagi selain PKS, Muzani ungkapkan jika hal tersebut adalah keputusan setiap partai. Meskipun semua partai beralih ke Jokowi, menurutnya itu adalah hak-hak masing partai.

“Keputusan yang bebas dan kita tidak bisa mencampuri urusan rumah tangga orang lain dan kami sangat menghargai kalau itu pilihan partai-partai tersebut,” tutur Muzani.

Meski belum mendapatkan dukungan tambahan, Muzani dengan percaya dirinya menyampaikan bahwa Gerindra akan tetap mengusung Prabowo sebagai capres.

“Tapi yang ingin kami kemukakan di tempat ini adalah bahwa InshaAllah Pak Prabowo hampir pasti maju menjadi calon presiden dengan koalisi yang terbatas,” lanjutnya.

3. Dalam sejarah demokrasi Indonesia koalisi kecil bisa menang

Koalisi Jokowi Lebih Besar, Gerindra: Kami Tidak TakutIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berbeda dengan Gerindra, Jokowi mendapatkan dukungan yang lebih banyak. Dengan didukung oleh lima partai sekaligus, yaitu PDIP, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, Jokowi serasa siap maju kembali dalam Pilpres 2019. Melihat banyaknya partai yang merapat ke kubu Jokowi, ternyata hal tersebut tak membuat Gerindra gentar.

“Gerindra tidak takut dan saya kira bukan soal takut atau tidak,” ujar Muzani.

Dia melanjutkan, dalam sejarah demokrasi modern di Indonesia, ada partai yang begitu besar koalisinya, tetapi tetap saja kalah. Dan ada juga partai dengan minim koalisi bisa menang. Ada juga partai yang besar koalisinya, menang.

“Nah itu biasanya, jadi sejarah demokrasi kita sangat variatif. Dan kami belajar dari sejarah pemilihan umum, pemilihan presiden yang sudah berlangsung beberapa tahun dalam dekade terakhir ini,” ungkap Muzani.

Baca juga: Puan dan Prabowo Bakal Silaturahmi, PDIP-Gerindra Koalisi di Pilpres?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya