Koalisi dengan Gerindra, PKS Tetap Jagokan 9 Kandidat Internal

Bakal jadi cawapresnya Pak Prabowo nih?

Jakarta, IDN Times – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah menjalin komunikasi politik dengan partai koalisinya, Gerindra. Gerindra sendiri saat ini terus menggodok rencana untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Ketua DPP PKS, Almuzzammil Yusuf mengatakan, maju tidaknya Prabowo adalah urusan internal Gerindra. PKS sendiri saat ini fokus dengan 9 kandidat nama kader PKS yang telah dideklarasikan sebelumnya.

1. Kandidat sesuai keputusan Majelis Syuro

Koalisi dengan Gerindra, PKS Tetap Jagokan 9 Kandidat InternalIDN Times/Teatrika

Muzammil mengatakan bahwa suara PKS tergantung keputusan Majelis Syuro. “Kalau anda tanya PKS, saya katakan PKS tetap dengan Majelis Syuro sudah menetapkan 9 nama itu, belum ada nama lain, kalau ada nama lain di luar itu harus melalui lembaga tertinggi di partai, Majelis Syuro,” jelas Muzzammil di Gedung DPR RI, Kamis (29/3).

Adapun ke-9 tokoh yang telah dideklarasikan oleh PKS tersebut adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakik Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Presiden PKS saat ini Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, mantan Menkominfo Tifatul Sembiring, Muzzamil Yusuf, dan Mardani Ali Sera.

2. Nama lain akan diputuskan DPP partai

Koalisi dengan Gerindra, PKS Tetap Jagokan 9 Kandidat InternalANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Ketika ditanya adakah peluang tokoh yang akan diusulkan, Muzzammil pun menjawab jika itu semua tergantung dari keputusa  DPP partai. Apabila ada beberapa nama di luar partai yang cocok untuk diusulkan, maka hanya DPP yang bisa memutuskan.

“Kalau keputusan April nanti membahas usulan DPP ada nama, pukul saja, tapi saya tidak bisa memutuskan,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Muzzammil, yang jelas PKS masih terfokus pada 9 nama tersebut untuk diusulkan. Menurutnya, ke-9 nama tersebut adalah nama-nama yang telah diusulkan oleh kader-kader di internal PKS.

“Itulah kader-kader yang dikehendaki oleh kader dari bawah, tentu kami harus memperjuangkan itu dengan tetap membuka masukan-masukan,” terangnya.

3. PKS mulai mengerucutkan nama

Koalisi dengan Gerindra, PKS Tetap Jagokan 9 Kandidat InternalANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Muzzammil menyampaikan, komunikasi yang dibangun dengan partai koalisinya saat ini masih mengusulkan ke-9 nama tersebut. Dan nanti dari nama-nama yang diusulkan tersebut akan dikerucutkan lagi pada April mendatang.

“Tentu berdialog dengan mitra koalisi yang ada baru nama 9 itu yang lain belum. Kami akan ada Majelis Syuro lagi saya kira April akhir ini, untuk mengerucutkan tadi,” kata dia.

Baca juga: Pemeriksaan Belum Tuntas, Polda Metro akan Panggil Ulang Presiden PKS

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya