Ini Hasil Survei Jika Jokowi dan Prabowo Bersatu di Pilpres 2019

Mungkinkah Jokowi-Prabowo bersatu di Pilpres 2019?

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyampaikan hasil surveinya, di antaranya jika Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersatu pada Pemilu 2019.

Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan mengatakan, ada keinginan dari beberapa masyarakat untuk menggabungkan Jokowi dengan Prabowo dalam satu paket.

1. Sebanyak 66,9 persen masyarakat setuju Jokowi dan Prabowo bersatu

Ini Hasil Survei Jika Jokowi dan Prabowo Bersatu di Pilpres 2019Antarafoto

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan SMRC, 66,9 persen masyarakat ternyata menyetujui apabila Jokowi dan Prabowo bersatu pada Pemilu 2019. Namun, 28,4 persen masyarakat tidak setuju dengan pertimbangan tersebut.

“Menarik, 66,9 persen setuju. Mayoritas setuju. Sebanyak 28,4 persen tidak setuju, jadi mayoritas setuju,” kata Djayadi, di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa 2 Januari 2018.

Baca juga: Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC

2. Jokowi lebih unggul menjadi nomor 1 dibanding Prabowo

Ini Hasil Survei Jika Jokowi dan Prabowo Bersatu di Pilpres 2019ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lantas, siapakah yang menjadi capres dan cawapresnya? Hasil survei SMRC menyebutkan ternyata 67 persen masyarakat memilih Jokowi sebagai capres, dan 28,4 persen masyarakat memilih cawapres.

“Sebanyak 66,9 persen mengatakan Pak Jokowi Presidennya, Pak Prabowo wakilnya. Sebanyak 28,4 persen mengatakan Pak Prabowo Presidennya dan Pak Jokowo wakilnya,” kata Djayadi.

Berdasarkan hasil survei tersebut, apabila Jokowi dan Prabowo dijadikan satu paket saat Pemilu 2019, artinya ada kesetujuan dari masyarakat. Namun, ada perbedaan mengenai siapa yang menjadi calon nomor satu dan dua.

3. Persatuan semakin kuat jika Jokowi dan Prabowo satu paket di Pemilu 2019

Ini Hasil Survei Jika Jokowi dan Prabowo Bersatu di Pilpres 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Survei SMRC yang mengatakan 66,9 persen masyarakat setuju apabila Jokowi dan Prabowo bersatu di Pemilu 2019, menurut politikus PDIP Maruarar Sirait, hal tersebut suatu pertimbangan yang efektif, stabil, dan masuk akal.

“Tentu tidak mudah, karena masing-masing mempunyai pendukung yang die hard. Tapi dari data, ini adalah calon pasangan yang luar biasa. Dan mungkin persatuannya akan kuat juga,” ujar Maruarar, pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Survei SMRC: Jokowi Naikkan Elektabilitas PDIP dan Golkar

Topik:

Berita Terkini Lainnya